AMBON, Siwalimanews – Kawasan Jalan AY Patty, kini bukan hanya sebagai jalan utama di Kota Ambon saja, namun juga menjadi salah satu kawasan genangan air bila datang musim penghujan.

Lihat saja saat hujan yang melanda Kota Ambon, Senin (22/11) pagi hingga siang hari, membuat jalan AY Patty tergenang air hingga menutup ruas jalan tersebut, bahkan ketinggian airnya melampaui trotoar.

“Tadi pagi hujan dengan instensitas cukup tinggi dan kira-kira hanya 20-30 menit saja air sudah penuh di jalan, bahkan toko kita juga sudah kemasukan air, karena air sadah lewat trotoar,” ucap Wati penjaga salah satu toko di kawasan AY Patty kepada Siwalimanews, di sela-sela kesibukannya membersihkan depan toko disaat air mulai surut.

Rani, pedagang lainnya juga mengaku, memang intensitas hujan yang turun hari ini cukup deras, bahkan beberapa toko juga kemasukan air, apalagi ditambah dengan kendaraan yang melintas digenangan air tersebut, maka sudah pasti toko-toko yang ada disini kemasukan air.

“Karena air sudah melampaui trotoar, kendaran yang melintas juga hati-hati dan tidak ngebut, namun tetap saja toko kita kemasukan air, sebab airnya saja sudah lewat trotoar, bahkan beberapa kendaraan yang parkir juga ikut tergenang,” ucapnya.

Baca Juga: DPRD Tolak Pengisian Jatah Guru PPPK dari Luar Maluku

Saat ini kata dia air sudah mulai surut, namun jika hujan kembali turun seperti pagi tadi, dipastikan kawasan ini tetap tergenang lagi. Padahal dulu sewaktu belum ada perbaikan trotoar ini, ada genangan air memang jika hujan, namun tidak seperah saat ini.

“Percuma bikin trotoar dan drainase baru oleh pemerintah, sebab kenyataannya genangan air semakin parah terjadi di kawasan AY Patty,” tandasnya. (S-51)