AMBON, Siwlaimanews – Lantamal IX Ambon menggelar upacara dan syukuran dalam rangka memperingati HUT kee-76 TNI AL, Jumat (10/9).

Upacara yang dipusatkan di Lapangan Mako Lantamal IX Halong Ambon itu, bertindak selaku Inspektur Upacara Pgs Wadan Lantamal IX Kolonel Laut (KH) Fahyudin.

Kasal dalam amanatnya yang dibacakan Pgs Wadan Lantamal IX Kolonel Laut (KH) Fahyudin menegaskan, peringatan HUT TNI AL pada setiap tanggal 10 September merupakan sebuah penghayatan akan perjalanan panjang dari sejarah pengabdian TNI AL kepada Bangsa dan Negara.

“TNI AL lahir dan berkembang mengikuti dinamika perubahan zaman untuk mengawal kedaulatan NKRI, kendati di tahun ini kita masih dalam suasana pandemi Covid-19, namun jiwa dan semangat kita sebagai prajurit Jalasena tetap berkobar penuh keyakinan diri menyongsong masa depan yang jauh lebih baik,” tandas Kasal.

Tanpa mengurangi tugas pokok sebagai garda utama pertahanan negara di laut, TNI AL kata Kasal, juga berperan aktif mendukung prioritas pemerintah dalam penanggulangan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

Baca Juga: Citraland Gelar Vaksinasi Gratis bagi Masyarakat

Tema HUT TNI AL tahun ini Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe, TNI Angkatan Laut Siap Mewujudkan Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh

Usai upacara dilanjutkan dengan acara syukuran pemotongan tumpeng di Gedung Dr J Leimena Lantamal IX. Meskipun kegiatan dilaksanakan secara sederhana, namun hal tersebut merupakan bentuk syukur guna menumbuhkan rasa kebersamaan dan jiwa korsa seluruh warga Lantamal IX. (S-45)