AMBON, Siwalimanews – Angka Pasien Meninggal Akibat Covid 19 di Maluku kini bertambah menjadi 28 orang, setelah hari ini Sabtu (15/8) tercatat tiga pasien sekaligus meninggal dunia.

Ketiga pasien yang meninggal dunia ini maisng-masing, pasien berinisial AT (70) berjenis kelamin laki-laki asal Kota Ambon dan MAY (58) juga laki-laki asal Kota Ambon, sementara satu pasien lainnya asal Kabupaten Maluku Tengah yakni pasien kasus 1415 inisial EP (18).

Informasi yang berhasil dihimpun Siwalimanews di RSUD menyebutkan pasien AT sendiri merupakan pasien rujukan dari RS Bhakti Rahayu paad Sabtu (15/8) pukul 01.00 WIT dengan keluhan penyakit penurunan kesadaran dan tidak sadarkan diri ditambah dengan gagal pernapasan yang menjurus ke covid 19.

Karena penyakit yang diderita pasien merujuk ke gejala Covid-19, maka dirujuk ke RSUD dr M Haulussy, tiba di RSUD pada hari itu juga langsung dilakukan penanganan oleh tim doketr dengan melakukan pengambilan swab dan hasilnya positif, sehingga langsung ditangani sesuai SOP Covid 19.

Namun sangat disayangkan, hanya beberapa jam menjalani perawatan, AT kemudian menghembuskan nafas terakhirnya pada pukul 04.00 WIT di ruang isolasi covid-19 RSUD dr M Haullusy Ambon.

Baca Juga: Lagi, Satu ASN Sekretariat DPRD Maluku Positif Covid

“Setelah dinyatakan meninggal, tim dokter kemudian mengkoordinasikan dengan pihak keluarga serta menunjukan hasil swab dari almarhum, maka keluargapun menerima untuk dimakamkan secara protap Covid-19,” ujar sumber tersbeut yang enggan namanya dipublikasikan.

Pemulasaran jenazah almarhum kemudian dilakukan sesuai protap covid-19. Sekitar pukul 16.50 WIT, jenazah kemudian dibawah ke TPU khusus Covid di Desa Hunuth menggunakan mobil jenazah milik RSUD dr Haulussy dengan pengawalan dari personil Sabhara Polresta Pulau Ambon.

Sedangkan pasien meninggal dunia asal Kota Ambon lainnya yakni MAY meninggal dunia di RST dr J Latumeten dan jenazahnya juga dikemakamkan sesuai protap Covid-19 di TPU Hunuth pada Sore hari.

Sementara satu pasien asal Maluku Tengah yakni, pasien yang terkonfirmasi dengan kasus nomor 1415 berinisial EP (18) berjenis kelamin laki-laki ini juga meninggal dunia pada Sabtu (15/8) pagi di RSUD dr M Haulussy Kudamati dan jenazahnya juga telah dimakamkan sesuai protap Covid di TPU Hunuth.(S-39)