AMBON, Siwalimanews – KM Mina Maritim yang dikabarkan mengalami kerusakan mesin di perairan Kei Besar, berhasil dievekuasi beserta seluruh ABKnya oleh tim rescue gabungan ke Pelabuhan PSDKP Tual, Sabtu (15/8).

Kepala Basarnas Ambon Djunaidi menjelaskan, awalnya Kantor SAR Tual mendapatkan laporan, bahwa KM Mina Maritim yang berawakan tujuh orang mengalami kerusakan mesin, dimana as kemudinya patah saat menuju fishing ground.

“Kita terima laporan itu dari pak Bambang Tamher salah satu keluarga dari ABK kapal ini sekitar pukul 03.00 WIT, bahwa KM Mina Maritim alami patah as kemudi di perairan Kei Besar atau berjarak 25 NM arah timur laut dari Pos SAR Tual,” jelas Djunaidi dalam rilinya yang diterima redkasi Siwalimanews, Sabtu (15/8).

Setelah menerima laporan tersebut, Pukul 04.00 WIT Tim Rescue Pos Sar Tual bersama personil Brimob dan Lanal Tual beserta keluarga para ABK kapal naas ini menuju ke lokasi kecelakaan laut itu dengan menggunakan KN Bharata.

Sekitar Pukul 05.30, Tim Rescue Gabungan berhasil menemukan kapal naas tersebut dan langsung mengevakuasi kapal dan seluruh ABKnya menuju ke pelabuhan PSDKP Tual dengan selamat.

Baca Juga: Abua Dukung Pelaksanaan Reforma Agraria

“Kapal ini berhasil ditemukan pada koordinat 5°19.627″S-132°53.537″E dan langsung di evakuasi ke Tual dalam keadaan semua ABKnya selamat,” ucap Djunaidi.

Adapun ketujuh ABK KM Mina Maritim yakni,  Ali Uwar (38), Habib Alhamit (27),Said Rusmin (38), Hamid Bugis (31), Ongen Uwar (18), Dede Tamher (18) dan Rizal Renwarin (33). (S-39)