AMBON, Siwalimanews – Dalam rangka menyongsong HUT Kemerdekaan RI ke-75, sekaligus melakukan pendekatan secara agama terkait dengan permasalahan covid-19 di Maluku dan Indonesia pada umumnya, maka Kanwil Kemenang Maluku menggelar doa bersama.

Doa bersama yang digelar di Aula Kanwil Kemenag Maluku, Jumat (14/8), dihadiri oleh Ketua MUI Maluku Abdulah Latuapo, Ketua MPH Sinode GPM Pendeta AJS Werinusa, Uskup Diosis Amboina yang diwakili Sekretaris Keusukupan Pastor Hino Ngutra, Ketua Walubi Welhelmus Jawerissa dan Ketua PHDI , Nyoman Suadana.

Kakanwil Kemenag Maluku Jamaludin Bugis kepada wartawan usai melaksanakan kegitan tersebut mengungkapkan, doa bersama ini, utamanya untuk mengucap syukur atas HUT Kemerdekaan RI ke-75, serta minta kepada Tuhan Yang Maha Esa agar dapat mencabut wabah covid-19 dari Maluku.

“Kegiatan ini bertujuan agar Allah SWT, Tuhan yang Maha Esa dapat mencabut covid-19 dari Maluku, sehingga aktivitas masyarakat di daerah ini dapat kembali berjalan seperti biasa, demi membangun ekonomi, membangun kehidupan beragama serta membangun kehidupan sosial kemasyarakatan kedepan,” ucapnya.

Sekretaris Keuskupan Amboina Pastor Hino Ngutra mengaku, kegiatan yang dilaksanakan ini untuk mengungkapkan nilai kebersamaan antar tokoh agama, bahwa di kehidupan para pemuka agama semuanya rukun, sehingga diharapkan hal yang sama juga dapat dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Baca Juga: Dua Tahun Pembangunan SDN 2 Dobo tak Selesai

“Kami diatas ini hidup rukun saja, jadi harus menyebar sampai ke akar rumput paling bawah,” ujarnya.

Dengan doa bersama yang dilakukan ini kata Pastor Hino, itu pertanda bahwa orang Maluku masih sangat yakin akan kuat kuasa Tuhan, untuk itu harus percaya, bahwa meskipun berada di masa pandemik covid-19 ini, namun masyarakat masih dapat berserah kepada Tuhan.

“Kita punya Tuhan yang luar biasa oleh karena itu doa bersama ini sekali lagi mau menyatakan bahwa Tuhan pasti akan melakukan sesuatu yang indah pada waktunya untuk kita semua,” cetusnya.

Ditempat yang sama Ketua MUI Maluku Abdullah Latuapo menambahkan, pihaknya bersyukur lewat kegiatan yang indah ini, seluruh tokoh agama hadir untuk memanjatkan doa kepada Tuhan, mengingat sampai saat ini Maluku masih berada di masa pandemic covid-19, sekaligus memperingati HUT RI ke-75.

“Kita mengetahui bahwa bangsa kita saat ini telah dilanda berbagai macam ujian dan cobaan, salah satunya adalah wabah covid-19 dan berbagai masalah menyangkut kebangsaan yang sampai saat ini kita masih berusaha untuk dapat mengatasinya dengan baik,” ucapnya. (Mg-6)