AMBON, Siwalimanews –  Skoring Kota Ambon saat ini turun menjadi 2,22 setelah sebelumnya Kota Ambon berada pada angka skoring zonasi 2,23, dimana mengalami penurunan 0,01.H “Saat ini, per 21 Maret 2021 kemarin, berdasarkan penghitungan skoring Satgas Nasional kita berada pada skor 2,22 atau berada pada zona beresiko sedang atau berada pada zona orange,” ungkap Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Ambon, Joy Adriaansz,  kepada wartawan, di Balai Kota Ambon, Kamis (25/3).

Dikatakan, angka tersebut terbilang fluklatif, lantaran jumlah angka terpapar yang masih dapat dikendalikan oleh pemerintah melalui Satgas Percepatan Penanganan Covid-19.

“Kami tetap melakukan operasi yustisi yang diselengarakan oleh pemerintah Kota Ambon, sehingga berimplikasi pada skoring zonasi,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, tak hanya pemerintah yang berperan aktif untuk tetap memberikan sosialisasi melalui operasi yustisi, dan sejumlah efek jerah yang diberikan. Namun, ini juga merupakan hasil dari kesadaran masyarakat Kota Ambon.

“Dan kesadaran masyarakat untuk tetap melakukan protokol kesehatan,” tandas Adriaansz.

Baca Juga: 19.533 Warga Telah Divaksin Covid 19

Meski begitu, dirinya mengakui masih banyak juga masyarakat yang belum sadar dan paham betul, akan pentingnya menjalankan protokol kesehatan (Prokes), sehingga dirinya menghimbau kepada warga Kota Ambon, untuk tetap mentaati prokes, apabila beraktifitas di luar rumah.

“Kami menghimbau kepada masyarakat, jangan pernah lengah untuk menjalankan protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan. Hal yang sama juga kami himbaukan kepada masyarakat yang telah melakukan vaksinasi,” katanya.

Untuk diketahui, total angka terkonfirmasi yang dimiliki Kota Ambon per 24 Maret 2021 sebanyak 185, total sembuh sebanyak 4.563, dan total meninggal sebanyak 64. (S-52)