AMBON, Siwalimanews – Pemerintah pusat pada lebaran tahun 2022 ini mengijinkan masyarakat untuk bisa mudik, namum tetap memenuhi persyaratan, salah satunya telah menjalani vaksinasi Boster, maupun vaksin pertama dan kedua.

Atas kebijakan tersebut, Pemerintah Kota Ambon memprediksi akan ada lonjakan pemudik yang datang maupun berpergian pada lebaran tahun 2022.

Untuk mengantisipasi pemudik yang akan masuk ke Kota Ambon dan belum  melaksanakan  Vaksin, Pemkot  Ambon  melalui Dinas Kesehatan Kota Ambon akan mendirikan posko vaksinasi khususnya bagi para pemudik.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon Wendy Pelupessy mengatakan pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi terkait Posko lebaran. “Jadi posko vaksinasi bagi para pemudik ini akan bersatu dengan Posko pengamanan lebaran 2022 yang di bentuk Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease,” jelasnya.

Dikatakan, dalam pelaksanaan­nya Dinkes Kota Ambon beker­jasama dengan jajaran kepolisian yaitu Polresta Pulau Ambon dan Pulau Pulau Lease. “Kalau Posko yang di Pelabuhan Itu bukan dikita, itu topoksinya kesehatan Pela­buhan,” jelasnya kepada pers, Senin (25/4).

Baca Juga: Dinkes Temukan Satu Kasus Rubella di Hative Kecil

Pelayanan vaksinasi bagi para pemudik ini akan di lakukan di 4 Titik di Kota Ambon yaitu Ambon City Center (ACC), lokasi di bawah JMP, di Posko Mardika dan di Masjid Al Fatah.

“Jadi ini posko pelayanan gabungan dengan posko Polres, jadi langsung dilayani. Itu dari Perhubungan siapkan, kita hanya ketika orang mau vaksin itu kita siapkan sarana prasarana untuk vaksinasi dan siap melayani masyarakat pagi, siang dan malam,”ungkapnya. (S-08)