AMBON, Siwalimanews – Satu lagi pasien terkonfirmasi positif meninggal dunia di RSUD dr M Haulussy Kudamati Ambon, Kamis (6/8) sekitar pukul 10.40 WIT.

Pasien berinisial EAS (51) se­orang laki-laki ini merupakan pa­sien rujukan dari Rumah Sakit Sum­ber Hidup ke RSUD dr. M Hau­lussy pada Rabu (5/8) dengan penyakit bawahan menjurus ke covid yang sudah parah. Namun ha­nya sehari menjalani perawatan pasien ke­mudian meninggal dunia.

“Jadi dalam minggu ini sudah ada tiga pasien terkonfirmasi yang meninggal dunia termasuk satu pasien hari ini (kemarin Red),” ungkap Ketua Harian Gugus Tugas Maluku, Kasrul Selang kepada wartawan di Kantor Gubernur Maluku, Kamis (6/8).

Dijelaskan pasien EAS ini sendiri sudah dilakukan pengambilan swab spesimen untuk diperiksa dan hasilnya positif. “EAS dinya­ta­kan positif setelah hasil peme­rik­saan swab spesimen dengan metode TCM,” ujar Kasrul.

Gugus tugas akuinya mempu­nyai kekhawatiran saat ini adalah masyarakat yang sakit tak mau ke rumah sakit, namun menunggu sampai kritis baru dibawa ke ru­mah sakit. “Mungkin banyak faktor membuat orang sudah kritis baru di bawa ke rumah sakit, bisa juga takut atau persoalan lain, kita tidak tahu,” tandas Kasrul.

Baca Juga: Ambon Zona Merah Lagi, ASN Wajib Swab Tes

Untuk itu kedepan tambah Kasrul, langkah yang akan diambil adalah melakukan pendataan atau jemput bola ke lapangan.

“Kita ingin melakukan pendataan terhadap pasien yang dalam tanda kutip itu kritis untuk segera diobati. Jangan sampai kejadian seperti ini, sudah kritis baru dibawa ke rumah sakit,” tuturnya.

Pemularasan jenazah almar­hum sendiri telah dilakukan sesuai protab Covid-19 dan pada pukul 17.35 WIT, jenazah dibawa me­nggunakan mobil jenazah milik RSUD dr. M Haulussy Ambon untuk dimakamkan di TPU Hunuth de­ngan mendapat pengawalan dari personil Sabhara Polresta Pulau Ambon.

“Untuk itu atas nama pemerintah dan gugus tugas menyampaikan turut berbelasungkawa atas meninggalnya almarhum EAS hari ini. Kami turut berbelasungkawa atas meninggalnya satu pasien kita, dan proses pemakaman akan dilakukan dengan ptorokol covid,” ucapnya.

Kemarin 1 Meninggal

Diberitakan sebelumnya, satu pasien positif Covid-19 berinisial NP (53) berjenis kelamin perem­puan meninggal dunia di RSUD dr. M Haulussy pukul 12.40 WIT, Rabu (5/8).

Informasi yang berhasil dihim­pun Siwalima di RSUD dr M Haulussy menyebutkan, warga Kelurahan Benteng, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon ini masuk rumah sakit pada Minggu (2/8) dengan keluhan sesak nafas dan batuk.

Usai dilakukan pemulasaran jenazah, sekitar pukul 17.40 WIT, jenazah dibawa ke TPU khusus Covid di Desa Hunuth dengan menggunakan mobil jenazah milik RSUD dr M. Haulussy dengan mendapat pengawalan dari personil Sabhara Polresta Pulau Ambon. (S-39)