AMBON, Siwalimanews – DPP Nasdem menyerahkan for­mulir dukungan pencalonan (B1K­WK) kepada pasangan Benjamin Thomas Noach dan Agustinus Lekwardai Kilikily, untuk berproses di Pilkada Kabupaten Maluku Barat Daya, serta  Johan Gonga  dan Muin Sol­galrey di Kabupaten Kepulauan Aru.

Penyerahan formulir surat du­kungan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan DPP Partai Nas­dem Nomor: 031-Kpts/DPP-Nas­Dem/VI/2020 tentang Persetujuan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten MBD.

Surat keputusan DPP Nasdem dikeluarkan di Jakarta, 25 Juni 2020 lalu, dan ditandatangani oleh Ketua Umum, Surya Paloh dan Sekretaris Jenderal Johny G Plate.

Dalam surat keputusan DPP Nas­dem yang copiannya juga diterima Siwalima menyebutkan, dalam penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Maluku Barat Daya Provinsi Maluku, dan berdasarkan usulan Dewan Pimpinan Wilayah Patai Nasdem Provinsi Maluku, Dewan Pimpinan Pusat Partai Nadem memberikn per­setujuan kepada pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Ka­bupaten Maluku Barat Daya Pro­vinsi Maluku pertama, Nama calon bupati, Benyamin Thomas Noach dan kedua, nama calon wakil bu­pati, Agustinus Lekwardal Kilikily sebagai calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Maluku Barat Daya Provinsi Maluku dari Partai Nasdem.

Bupati MBD, Benjamin Noach ke­pada Siwalima melalui telepon selulernya, Kamis (7/8) menjelas­kan, DPP Nasdem telah memberi­kan rekomendasi kepada dirinya dan Agustunus Kilikily pada bulan Juni lalu, dan kali ini menyerahkan formulir dukungan pencalonan B1 KWK.

Penyerahan dukungan B1 KWK tersebut untuk memenuhi persya­ra­tan yang sudah ditentukan oleh KPU.

“Rekomendasi sudah beberapa bulan.  Ini diperkuat sesuai formulir KPU, jadi orang tidak bisa berubah. Rata-rata mendafar di KPU untuk menyesuaikan dengan format KPU,” jelas Noach.

Kata dia, partai-partai lain juga menyerahkan dukungan B1 KWK. Penyerahan ini juga bukan berarti seakan-akan dukungan itu ber­ubah, karena rekomendasi sudah di­se­rahkan sebelumnya, tetapi untuk memenuhi persyaratan di KPU

“Ini  isu beradar seakan-akan re­komendasi yang sudah diserah­kan sebelumnya berubah. Ini hanya format saja untuk memenuhi persyaratan,” tuturnya.

Noach mengatakan, saat ini dirinya telah mendapatkan duku­ngan dari 5 partai di Kabupaten MBD yaitu, Nasdem (3) kursi, PDI Perjuangan (3)  kursi, PKP Indonesia (2) kursi dan Demorat (3) kursi.

Sementara itu, Ketua DPW Partai Nasdem Maluku, Hamdani Laturua ketika dikonfirmasi Siwalima melalui telepon selulernya, Kamis (7/8) membenarkan jika  DPP Partai Nasdem telah menyerahkan formulir B1KWK kepada pasangan calon Benyamin Thomas Noach dan Agustinus Lekwarday Kilikily dan Johan Gonga  dan Muin Sol­galrey.

“Iya, benar memang DPP telah menyerahkan formulir ke Benya­min Noach dan dan Johan Gongga 25 Juni lalu,” ungkapnya sembari menolak berkomentar lebih jauh.

Sementara itu, Ketua DPD Nas­dem Kabupaten MBD Oyang Borel mengatakan, siap untuk mengge­rakan seluruh kekuatan mesin par­tai, memenangkan pasangan yang diusung Nasdem, sebab kepu­tusan itu merupakan harga diri yang harus dijunjung tinggi.

Selain itu, DPD Partai Nasdem Kabupaten MBD berkomitmen, untuk tetap membangun komuni­kasi yang baik bersama partai koalisi yang mendukung Benyamin Thomas Noach dan Agustinus Lekwarday Kilikily untuk menang­kan pasangan calon yang diusung menjadi Bupati dan Wakil Bupati MBD.

Kantongi Rekomendasi

Seperti diberitakan sebelumnya, setelah mengantongi rekomen­dasi dari PKPI dan PDIP, kini giliran Partai NasDem memberikan duku­ngan kepada pasangan bakal ca­lon Bupati dan Wakil Bupati Maluku Barat Daya, Benjamin Thomas Noach dan Agustinus Lewardai Kilikily.

Rekomendasi Partai Nasdem di­serahkan oleh Ketua Bapilu Partai NasDem, Prananda Surya Paloh, me­wakili Ketua Umum Surya Pa­loh, di Kantor DPP Partai Nasdem, Jalan R.P Soeroso, Jakarta Pusat, Kamis (27/2),

Sebelum dilakukan penyerahan rekomendasi, Prananda Surya Paloh  berpesan kepada Noach dan Kilikily agar tetap bekerja serta menunjukan integritas, kapabilitas dan terus menjadi pelayan yang baik kepada masyarakat MBD.

“Pak Benyamin dan pak Ari, tetap bekerja dan menjadi pelayan yang baik kepada masyarakat di Maluku Barat Daya,” pesan Prananda.

Penyerahan rekomendasi ini dilakukan di hadapan sejumlah petinggi DPP Partai Nasdem.

Noach yang dikonfirmasi Siwa­lima membenarkan, telah mene­rima rekomendasi dari Partai Nas­Dem.  “Iya benar, saya baru saja menerima rekomendasi di Kantor DPP Partai Nasdem sekitar pukul 16.00 WIB dan diserahkan oleh Ketua Bapilu Partai Nasdem, Pra­nanda Surya Paloh,” ujar Bupati MBD ini.

Dengan menerima rekomendasi dari Partai Nasdem ini, kata dia, pihaknya sudah mengantongi rekomendasi dari tiga partai politik yakni PKPI, PDIP dan NasDem.

“Sudah ada rekomendasi dari tiga partai yang saya kantongi, de­ngan demikian jumlah kursi yang telah mendukung saya di DPRD delapan kursi masing-masing tiga kursi dari PDIP, 3 kursi dari Nas­dem dan 2 kursi dari PKPI, dan ini sudah memenuhi persyaratan ka­rena hanya membutuhkan 4 kursi saja untuk mencalonkan diri,” jelasnya.

Noach berharap, kepercayaan partai ini sejalan dengan keper­cayaan rakyat.

“Kita berdoa dan ber­syukur kepada Tuhan, karena sudah memperoleh rekomendasi tetapi kita juga berdoa semoga Tuhan menggerakan hati rakyat untuk memberikan dukungan,” ujarnya.

Dukungan partai memang penting namun kata Noach, rakyat yang menentukan pilihannya. “Kita tetap berharap ada dukungan dari masyarakat juga,” ujarnya. (Cr-2)