BULA, Siwalimanews – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Seram Bagian Timur mengelar deklarasi dan kirab untuk menghadapi pemilu serentak 2024, sekaligus menandai satu tahun menjelang hari pemungutan suara.

Kirab dan deklarasi itu berlangsung dibawah sorotan tema Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa itu dipusatkan di halaman Kantor KPU SBT, Rabu (3/5) ditandai dengan penyerahan bendera peserta pemilu dari KPU Kabupaten Tambraw, Provinsi Papua Barat Daya, kepada KPU Provinsi Maluku dan dilanjutkan ke Ketua KPU SBT serta penandatanganan berita acara penyerahan bendera partai politik peserta pemilu.

Ketua KPU Maluku Syamsul Rifan Kubangun dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini semata-mata adalah bagian dari KPU untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat atau pemilik suara, bahwa sudah memasuki tahapan-tahapan pemilu serantak tahun 2024.

“KPU RI juga telah melaksanakan pelayanan pendaftaran peserta pemilu dan telah  menetapkan 18 partai politik peserta pemilu yang akan mengikuti pesta demokrasi lima tahunan ini pada 14 Desember 2022 kemarin. Kirab Pemilu ini adalah, bagian untuk mensosialisasikan atau menginformasikan kepada masyarakat, bahwa sudah ada penetapan peserta pemilu 2024,” tandas Kubangun.

Kirab pemilu yang diselenggarakan oleh KPU RI ini berlangsung dari Aceh sampai Papua. Untuk Provinsi Maluku, proses kirab mulai dari Kabupaten SBT menuju Kabupaten Maluku Tengah. Setelah itu, KPU Maluku akan menyerahkan kirab Pemilu ke Provinsi Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: November, Masa Tugas Sapteno Sebagai Rektor Unpatti Berakhir

“Harapan kita bersama adalah bagaimana pelaksanaan pemilu sebagai sarana demokrasi bangsa dapat berjalan dengan baik. Mulai dari tahapan sampai pada proses pemilihan nanti,” ucap Kubangun.

Menurutnya, dukungan dari semua pihak, baik itu TNI maupun Polri, serta pemda, para tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda bahkan pimpinan parpol sangat penting dalam menentukan jalannya proses pemilu serentak di tahun 2024 nanti.

Untuk diketahui, pembacaan deklarasi pemilu dipercayakan kepada Ketua KPU SBT Kisman Kelian. Sementara kirab bendera peserta pemilu akan dilaksanakan pada, Kamis (4/5) di Kota Bula dan sekitarnya.

Sedangkan pelaksanaan sosialisasi pentahapan pemilu akan dilaksanakan pada 5 hingga 6 Mei di Kecematan Teluk Waru, Tutuk Tolu, Kian Darat, dan Siritaun Wida Timur. Untuk pembuatan video sosialisasi pemilu akan dilaksanakan pada, Minggu (7/5) bertempat di Pantai Gumumae.

Sedangkan nantinya, Senin (8/5) akan dilaksanakan sosialisasi di Kecematan Bula Barat, selanjutnya, rombongan Kirab Pemilu akan menuju ke Kabupaten Maluku Tengah dengan melalui jalur darat.(Mg-1)