AMBON, Siwalimanews – Terhitung kurang dari 2 tahun lagi, Indonesia termasuk di Provinsi Maluku akan dihadapkan dengan penyelenggaran pesta demokrasi lima tahunan atau pemilihan umum.

Menyongsong pesta demokrasi lima tahunan ini, maka Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Maluku Astuti Usman didampingi Kordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Thomas Tomalatu Wakano menemui Kapolda Maluku, Irjen Lotharia Latif, Selasa (19/7).

Kedatangan petinggi Bawaslu Maluku ini tidak lain adalah, untuk meminta dukungan Polda Maluku dalam mensuksekan Pemilu 2024 dari segi keamanannya.

“Tujuan silaturahmi untuk meningkatkan hubungan kerja sama dalam rangka memasuki tahapan Pemilu tahun 2024,” ujar Astuti .

Astuti mengaku, menjelang Pemilu 2024 mendatang, pihaknya akan membentuk Sentral Penegakkan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu), untuk itu pihaknya meminta dukungan dari Polda Maluku.

Baca Juga: Longsor Timpa Dua Rumah di Batu Meja

“Kami mohon dukungan dan partisipasi Polda Maluku dalam memasuki tahapan Pemilu 2024,” pintanya.

Menghadapi Pemilu 2024 mendatang, Kapolda menyarankan agar dilakukan rapat evaluasi pada pelaksanaan pesta demokrasi di tahun-tahun sebelumnya. Evaluasi, penting dilakukan, agar dapat mengetahui kelemahan atau permasalahan sehingga bisa diperbaiki.

“Kami menyarankan perlu diadakan rapat evaluasi pelaksanaan pada pemilu sebelumnya, sehingga ada saran dan solusi,” usul kapolda.

Pada kesempatan itu, kapolda juga menyatakan, Polda Maluku siap mendukung Bawaslu dalam melakukan pengawasan pelaksanaan pesta rakyat lima tahunan tersebut.

“Polda Maluku siap mendukung Bawaslu dalam pelaksanaan tahapan Pemilu tahun 2024,” tandas kapolda. (S-10)