AMBON, Siwalimanews – Kota Ambon kini resmi memiliki Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang dibangun oleh PLN.

SPKLU yang berlokasi di halaman PLN Unit Layanan Pelanggan Ambon Kota ini dibangun bertujuan untuk mendukung era kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB).

SPKLU ini, resmi beroperasi setelah diresmikan oleh Sekda Maluku Kasrul Selang, Senin (12/4) dan disaksikan oleh Ketua DPRD Lucky Wattimury dan General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Malut Adams Yogasara.

Dalam sambutannya sekda mengaku, Pemprov Maluku mendukung penuh apa yang dilakukan oleh PLN saat ini.

“Dukungan yang kami berikan ini, tentu juga harus bisa berikan kemudahan bagi masyarakat. Kita akan jejaki dengan PLN dan distributor untuk pengadaan sepeda motor listrik, sehingga ke depan di lingkungan pemda tidak lagi gunakan sepeda motor yang konvensional. Namun ini juga harus dikaji berdasarkan segmentasi pasar yg berbeda-beda untuk masyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga: Latbual Minta Pemkab Buru Perjelas Status Gunung Botak

Senada dengan hal tersebut, Ketua DPRD Maluku Lucky Wattimury juga mengaku mendukung sepenuhnya langkah PLN membangun SPKLU dan penggunaaan kendaraan listrik.

“Penggunaan kendaraan listrik ini dampaknya besar, salah satunya bisa atasi persoalan lingkungan,” ujarnya.

Ia berharap, sosialisasi ke masyarakat harus secara masif dilakukan oleh PLN. DPRD juga akan melakukan hal yang sama untuk menjelaskan ke masyarakat manfaat dan kegunaan kendaraan listrik.

Sementara itu, GM PLN UIW MMU Adams Yogasara pada kesempatan itu menyampaikan terima kasih atas dukungan dari seluruh stakeholders kepada PLN, khususnya dalam melaksanakan salah satu program pemerintah, yaitu mendorong penggunaan KBLBB, yang selanjutnya diharapkan dapat mendukung dan meningkatkan pengguna kendaraan listrik di Provinsi Maluku.

“SPKLU yang telah dilaunching adalah SPKLU pertama di Maluku dan Maluku Utara. Ke depan, kami akan bangun SPKLU kedua yang rencananya di Kota Ternate. Besar harapan kami, ke depan kami juga dapat bangun SPKLU lainnya di seluruh kabupaten/kota lainnya di Maluku dan Maluku Utara,” ungkap Adams.

Menurutnya, launching SPKLU ini, merupakan salah satu bentuk komitmen PLN untuk mendorong gaya hidup berbasis listrik atau electrifying life style yang lebih ramah lingkungan.

Untuk itu diharapkan, kehadiran SPKLU di Kota Ambon dapat mendukung para pemilik store kendaraan listrik yang ada di kota ini serta memberikan kemudahan bagi para pengguna kendaraan listrik dalam melakukan pengisian baterai kendaraannya.

Launching SPKLU ini diawali dengan konvoi sepeda motor dan sepeda listrik yang dilakukan oleh PLN UIW MMU bersama sekda dan Ketua DPRD serta stakeholder lainnya. (S-51)