AMBON, Siwalimanews – Pendidikan merupakan salah satu hak dasar warga negara. Namun, pada kenyatannya tak semua warga negara mendapatkan kesempatan yang sama.

Ketimpangan akses pendidikan masih terjadi, khususnya bagi masyarakat yang tinggal di wilayah Indonesia Timur. Melihat hal ini, tercetus ide Pangdam XVI Pattimura Mayjen Jeffry A Rahawarin selaku putra asli Maluku Tenggara untuk menghadirkan gebrakan guna mencerdaskan anak-anak pelajar Maluku dan Maluku Utara yang akan menjadi penerus generasi muda harapan bangsa.

Akhirnya aplikasi Klassku yang merupakan aplikasi untuk Maluku dan Maluku Utara cerdas terus disosialisasikan dan diterapkan kepada seluruh pelajar yang ada di jajaran Kodam XVI Pattimura baik dari tingkat SD, SMP, SMA hingga jenjang perguruan tinggi.

Sosialisasi aplikasi ini juga yang dilakukan Korem 151 Binaiya kepada siswa di Kota Ambon yang dpusatkan di Baileo Slamet Riyadi, Makorem, Batu Gajah, Kecamatan Sirimau. Sosialisasi tersebut disampaikan oleh Pabandya Komsos Sterdam XVI Pattimura, Mayor Inf Arianto Rolando.

Danrem 151 Binaiya Brigjen TNI Arnold A P Ritiauw kepada wartawan menuturkan, aplikasi ini dihadirkan untuk menjawab sejumlah tantangan dalam proses pembelajaran ditengah pandemi Covid-19, yang mana tujuan akhirnya ingin meningkatkan SDM di Maluku, agar mampu bersaing dengan anak-anak dari daerah lain, terlebih lagi untuk mengakses aplikasi ini tak dipungut biaya alias gratis.

Baca Juga: Tahan Honor Guru, Kepsek Bakal Dicopot

“Hal ini menurut saya sangat fenomenal, karena ditengah situasi sekarang ini, Pangdam menghadirkan sebuah solusi, dengan menghadirkan aplikasi Klassku secara gratis,” tandas  Danrem. (S-21)