AMBON, Siwalimanews – Pemerintah memberikan perlindungan sosial melalui stimulus ketenagalistrikan untuk menjaga daya beli masyarakat dan pelaku usaha di tengah pandemi Covid-19.

Stimulus tersebut, telah membantu lebih dari 33 juta pelanggan sejak dikucurkan pada April 2020 hingga Juni 2021, dengan total stimulus yang telah disalurkan mencapai Rp 19,91 triliun.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril mengatakan, pemerintah berkomitmen memberikan keringanan pembayaran/pembelian listrik bagi rumah tangga kecil, pelaku usaha kecil dan menengah, serta masyarakat yang bergerak dibidang sosial, bisnis dan industri, dalam upaya penanganan pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia

“Kami berharap stimulus listrik dari pemerintah ini dapat mendorong masyarakat dan pelaku usaha tetap produktif, serta meningkatkan daya beli masyarakat ditengah pandemi Covid-19,” tandas Bob dalam rilisnya yang diterima Redaksi Siwalimanews, Sabtu (24/7).

Terkait stimulus listrik yang disalurkan PLN, beberapa penerima manfaat menyuarakan pendapatnya. Salah satunya Maria Laiyan (41 tahun), ibu rumah tangga sekaligus bertani yang menjadi pelanggan R1/450 VA di Desa Oililit Faya, Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Baca Juga: Divpas Kemenkumham Gelar Sidang TPP

“Stimulus listrik berupa token ini sangat membantu sekali. Saya dan keluarga sangat berterimakasih sekali,” ujarnya.

Senada dengan Laiyan, General Manager Ambon City Center Thomas Lake, menuturkan bahwa di tengah pandemi, mall tetap beroperasi. Adanya stimulus listrik ini cukup untuk membantu pengeluaran listrik bulanan bagi operasional mallnya.

“Atas nama manajemen, kami ucapkan terimakasih atas kebijakan-kebijakan, khususnya stimulus listrik di masa pandemi Covid-19. Kami berharap kebijakan-kebijakan ini dapat terus berjalan sehingga kelangsungan hidup usaha bisnis kami dapat tetap berjalan”, ungkapnya.

Manfaat stimulus listrik, juga dirasakan Endar Triono, manajemen Hotel Gaia yang saat ini tengah melakukan project pembangunan hotel tersebut

“Pandemi ini sangat mempengaruhi sekali mobilitas crew kami dalam melaksanakan project ini yang mengakibatkan juga molornya target yang sudah ditetapkan, terkait penyelesaian project. Stimulus ini sangat membantu sekali, terutama saat ini kami pun belum mendapatkan revenue,” tutur Endar.

PLN terus menjalankan keputusan pemerintah untuk memberikan stimulus keringanan pembayaran/pembelian listrik, sebagai bentuk perlindungan sosial kepada masyarakat Indonesia selama masa pandemi Covid-19. (S-51)