AMBON, Siwalimanews – Kontingen Kabupaten Seram Bagian Timur berhasil keluar sebagai juara umum pada kejuaraan Hapkido Indonesia sekalugus berhaisl membawa pulang piala Gubernur Maluku.

Kejuaraan Hopkaido Indonesia I tahun 2022, yang berlangsung 15-17 Juli, di aula SPN Polda Maluku, Passo, kontingen SBB berhasil meraih 30 medali yang terdiri dari,18 emas, 6 perak dan 6 perunggu.

Sedangkan Kota Ambon menduduki peringkat kedua juga dengan 18 medali yakni, 7 medali emas, 4 perak 4 dan 7 perunggu, kemudian tempat ketiga disabet  kontingen Kabupaten SBT, dengan meraih 11 medali, yakni 7 medali emas, 3 perak, dan 1 perunggu.

Ketua Panitia Kejuaraan Hapkido Indonesia memperebutkan Piala Gubernur Maluku I tahun 2022 yang juga Pendiri Hapkido di Maluku Yohanis Rumaratu kepada Siwalimanews di Ambon, Senin (18/7) menuturkan, dalam kejuaraan ini diikuti oleh 150 peserta yang berasal dari 8 kabupaten/kota di Maluku.

“Untuk juara umum tahun ini diraih Kontingen SBT, kemudian juara umum II Kota Ambon dan Juara umum III SBT,” ungkap Rumaratu.

Baca Juga: Rahawarin Pastikan RS Pratama Malra Siap Dibangun

Dalam kejuaraan ini kata Rumaratu semua kontingen berhasil meraih medali, yakni untuk kontingen Buru berhasil meraih 6 emas, 3 perak dan 1 perunggu, kemudian kontingen Malra 5 emas dan 3 perak 3, disusul kontingen MBD, dnegan 4 medali emas, 3 perak dan 6 perunggu.

Untuk kontingen Maluku Tengah, memperoleh 4 emas, 3 perak, dan 3 perunggu, selanjutnya kontingen KKT 3 emas, 3 perak dan 5 perunggu 5.

Pada kesmepata itu Rumaratu juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mensukseskan event ini, khususnya kepada Pengprov Taekwondo Indonesia yang mengirimkan dua wasit profesional, sehingga kejuaraan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.

“Sebagai leader/pendiri Hapkido di Provinsi Maluku, saya melihat bahwa cabang olahraga ini sangat berkembang pesat dan diminati oleh banyak orang, itu dapat dilihat dari begitu banyaknya peminat dan antusias peserta dari kabupaten/kota yang mengikuti kejuaraan ini,” tandasnya.

Ia berharap, Pemprov Maluku bersama KONI, dapat memberikan perhatian khusus bagi cabor ini yang telah sukses meraih 5 medali (1 perak dan 4 perunggu) pada eksebisi PON XX di Papua beberapa waktu lalu. (S-25)