BULA, Siwalimanews – Kontingen dari Kabupaten Seram Bagian Timur menargetkan sebagai juara umum dalam kompetisi sains madrasah tingkat provinsi yang berlangsung di Kota Ambon dalam waktu dekat.

Dalam kompetisi yang sama di tahun 2021 lalu, kabupaten yang di­pimpin Abdul Mukti Keliobas ini ke­luar sebagai juara umum dan di ta­hun 2022 lalu berhasil menjadi juara III.

Pelepasan kontingen ini dilaku­kan oleh Bunda Literasi SBT Yulia Misa Keliobas Aula kantor Keme­nag, Kota Bula, Kamis (3/8).

Kepala Kementerian Agama SBT, M. Jen Tepinalan mengatakan untuk menunjang terwujudnya harapan masyarakat, ditingkatkan iklim kompetensi di kalangan siswa madrasah perlu dikembangkan dan dibangun kegiatan-kegiatan yang dapat mengakomodir siswa untuk kemampuan potensi dapat dimiliki.

“Insya Allah di tahun ini kita dapat membawa pulang piala bergilir, juara umum kompetisi sains Madrasah di tingkat provinsi,” pintanya.

Baca Juga: Pojok Baca Jadi Solusi Tingkatkan Minat Baca Anak

Dikatakan kompetensi ini digelar dan diadakan Kementerian Agama, sebagai wahana membangun kom­petensi sains karna siswa madrasah. “Sejak awal digelar kompetisi sains telah menjadi adzan positif, dalam membangun budaya kompetensi. Dengan berupaya mengelaborasi sains dengan konteks nilai- nilai Islam,” ujarnya.

Melalui kesempatan ia memberi­kan apresiasi setinggi-tingginya kepada para guru, orang tua dan semua pihak yang telah melahirkan generasi-generasi terbaik mewakili madrasah untuk berkompetisi di tingkat provinsi.

“Kami mohon dukungan semua stakeholder agar putra dan putri kami yang terbaik bukan hanya meng­harumkan nama kabupaten di tingkat provinsi, namun juga men­jadi perwakilan Maluku di tingkat nasional, bahkan di masa yang da­tang bisa go Internasional,” se­butnya.

Ditempat yang sama Bunda Lite­rasi SBT Yulia Misa Keliobas me­ngaku, pendidikan adalah merupa­kan kunci untuk membuka pintu masa depan yang lebih cerah para generasi.

“Kompetisi sains telah memberi­kan kesempatan bagi kalian untuk mengasah potensi dan kemampuan diri. Sebagai ibu dan juga pembina literasi, saya bangga dengan capai­an luar biasa oleh para siswa siswi kita dalam kompetisi sains ini,” ujar Misa Keliobas.

Pada kesempatan itu ia juga berharap peserta yang mengikuti lomba nanti bisa terus melangkah sampai ke babak final nanti

“Saya berharap kalian bisa terus melangkah maju, bahkan setelah acara ini berakhir, “ katanya.

Ia juga menekankan kepada peserta terkait dengan pentingnya literasi dalam perjalanan pendidikan madrasah. Literasi bukan hanya tentang kemampuan dalam membaca dan menulis, tetapi juga tentang kemampuan untuk memahami, serta menganalisis, dan komunikasikan gagasan dengan jelas dan efektif.

“Dengan literasi yang kuat, kalian akan dapat memahami materi lebih baik, dapat menghadapi tantangan kompetisi dengan percaya diri dan memberikan kontribusi berarti bagi masyarakat dan bangsa kita di masa depan,” tandasnya. (S-27)