AMBON, Siwalimanews – Kompetisi Liga III zona Maluku yang dipusatkan di Lapangan Sepak Bola Kompi A 733 Masriku secara resmi dibuka oleh anggota Eksekutif Komite PSSI Dirk Soplanit, Kamis (23/9).

Soplanit dalam arahannya saat membuka kompetisi itu menyebutkan, untuk format kali ini tidak ada pertandingan liga III seperti yang biasa dilakukan yaitu dari putaran masing-masing, kemudian regional maupun nasional, namun langsung dari setiap juara dari 34 Asosiasi Provinsi akan masuk ke tingkat nasional sebanyak 64 club.

“Dalam putaran 64 itu lebih dari satu, karena memang mereka punya klub Liga III di Asprov masing-masing cukup banyak, sehingga kita juga akan dihitung untuk membentuk 64 tim itu,” ucapnya.

Karena itu, Soplanit mengajak untuk sama-sama saling mendorong agar kompetisi yang dilakukan dari 10 club ini, juaranya akan masuk ke putaran nasional. Dari 64 tim ini sebanyak 8 club yang akan masuk pada Liga II.

Sementara itu, Ketua Asprov PSSI Maluku Sofyan Lestaluhu menambahkan, kompetisi Liga III zona Maluku merupakan kompetensi yang lebih dulu dilaksanakan dari provinsi lain. Untuk itu ia minta agar semua club yang saat ini berlaga di kompetisi ini dapat menjaga suportivitas saat bertanding.

Baca Juga: Masih Dirawat, Sopir Angkot Toisapu Belum Diperiksa Polisi

“Ini merupakan sebuah motivasi dari semua komponen, baik itu dari pihak manager, pelatih, maupun pemain,” pintanya.

Tahun ini kata Lestaluhu, PSSI memberikan  kesempatan besar untuk para peserta dibandingkan tahun kemarin. Dimana tahun ini akan ada 8 tim yang lolos pada liga II, tentu ini merupakan kesempatan yang besar untuk Asprov PSSI Maluku agar dapat mengirimkan perwakilan pada babak 64 besar di putaran nasional.

“Saya berharap10 tim yang menjadi kontestan adalah merupakan tim kita semua. Untuk itu, siapapun yang akan keluar jadi juara pada kompetisi liga III zona Maluku akan terus diseport oleh Asprov PSSI Maluku,” tandasnya.

Sementara itu untuk laga pembuka antara Gemba FC (Kabupaten SBB) vs Dolorosa FC (Malra) hanya berlangsung pada babak I dengan skor 0-0. Pertandingan babak II tak dapat berlangsung alias ditunda akibat hujan deras yang menguyur kawasan itu tak ada hentinya.

Pertandingan babak II baru akan berlangsung pada, Jumat (24/9) di lapangan yang sama. (S-51)