AMBON, Siwalimanews – Koordinator Basudara Maluku Global (BMG) Maluku, Rory Dompeypen meminta agar club sepakbola Airali dan Nehemia Benteng untuk terus berlatih.

“Tournament merupakan media penyaluran bakat. Tournament ini dibuat supaya ade-ade ada ruang untuk berekspresi menyalurkan bakat supaya apa? Kedepan tu Ade Ade akan lebih baik jadi ini bukan final atau akhir dari kegiatan program BMG,” ungkap Dompeypen, dalam sambutannya saat menutup Tounament Kaporweship Cup, yang berlangsung di Rindam Negeri Suli, Maluku Tengah, Minggu (28/11).

Kata dia, tahun depan juga akan diadakan tournament sepakbola. Yang tentunya akan diselenggarakan sebanyak dua kali layaknya tahun ini.

“Tahun depan, BMG akan melakukan dua kali tournament bulan Mei atau Juni dan Bulan November,” katanya.

Gubernur Maluku, Murad Ismail, dalam sambutannya   yang dibacakan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Maluku, Sandy Wattimena mengatakan, tindakan yang dilakukan oleh BMG ini  patut diapresiasikan lantaran saat ini pembinaan sepakbola di Maluku sementara mati suri padahal diketahui bersama provinsi ini memiliki talenta persepakbola yang handal dan banyak.

“Pembinaan secara dini haruslah menjadi yang utama dan terus dilakukan melalui kegiatan-kegiatan pertandingan sepakbola untuk mengasah kemampuan dan bakat yang ada,” ungkapnya.

Untuk diketahui, ini merupakan tournament kedua yang dilaksanakan oleh organisasi BMG setelah sebelumnya dilaksanakan pada (25/09) lalu dilokasi lapangan Rindam, Negeri Suli, Maluku Tengah. Tournament ini berfokus pada anak usia 10 tahun (U-10), dan usia 12 tahun (U-12). (S-52)