AMBON, Siwalimanews – Sering terjadinya peristiwa tumbangnya pohon di berbagai sudut jalan yang membahayakan masyarakat selaku pengguna jalan, maka Komisi III DPRD Kota Ambon, minta Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan menebang sejumlah pohon yang berpotensi membahayakan masyarakat.

Ketua Komisi III, Margaretha Siahay kepada wartawan di Baileo Rakyat Belakang Soya, Senin (6/6) mengatakan, komisi telah menggelar rapat bersama dengan Kadis LHP dan meminta hal itu.

“Kita minta terutama pohon yang sudah miring dan berada di pinggir jalan raya. Pohon trambesi yang ditanam di tepi jalan dibeberapa titik di Kota Ambon, memang sangat bagus, selain percantik dan penghijauan dalam kota, pohon itu juga dapat menghasilkan oksigen bagi manusia. Tapi pohon ini juga bisa mendatangkan musibah bagi pengguna jalan,” tandasnya.

Apalagi saat musim hujan dan angin kencang, yang mana dapat mengakibatkan robohnya pohon-pohon tersebut.

“Kita sudah bicarakan ini dengan Dinas LHP, dan kita minta agar supaya segera ditebang pohon yang sudah miring, sebab potensi untuk roboh sangat besar jika musim penghujan,” ujarnya.

Baca Juga: Agustus, Urimessing Miliki Raja Definitif

Apalagi kata Siahay, kejadian pohon tumbang hingga menimpa warga kota sudah sering terjadi, sehingga dengan melakukan penebangan, maka bisa dapat menjadi langkah antisipasi.

“Memang Dinas LHP sudah pangkas beberapa dahan pohon di kota ini. Tapi kami minta kalau ada yang miring, tebang saja. Jangan sampai datangkan masalah baru,” tegasnya. (Mg-1)