AMBON, Siwalimanews –  Berdasarkan perintah Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa, kepada seluruh satuan jajaran untuk melakukan upaya antisipasi dan pencegahan wabah virus corona (Covid-19), maka Kodam XVI/Pattimura telah melakukan aksi tanggap cepat.

Pangdam XVI/Pattimura Mayor Jenderal TNI Marga Taufiq, menindak lanjuti perintah tersebut dengan membentuk Posko Gugus Tugas dan sejumlah Posko Kesehatan, baik di wilayah Maluku maupun Maluku Utara.

“Salah satu hasil rapat dengan pemprov itu adalah pembentukan posko kesehatan gabungan Pemda dan TNI-Polri dan itu kita sudah laksanakan,” tandas Pangdam usai rapat bersama Forkopimda tentang pencegahan dan pengendalian virus corona di Provinsi Maluku

Dengan adanya posko gabungan ini Pangdam minta agar, kordinasi harus dilakukan secara ketat antara tenaga medis gabungan (pemda dan TNI-Polri). Walaupun dengan peralatan yang minim, seluruh tenaga medis harus bekerja secara maksimal dengan manfaatkan tenda isolasi yang sudah tergelar di wilayah Provinsi di Maluku dan Maluku Utara.

“Sesuai laporan di lapangan terdapat lima rumah sakit di wilayah Maluku dan Maluku Utara yang sudah dirikan posko kesehatan siaga antisipasi dan penanganan wabah virus corona yaitu, RST Prof. dr . J.A Latumeten Ambon, RSU Al Fatah, RS Otoquik Passo dan RS Tulehu. Sedangkan di wilayah Maluku Utara ada Rumkit TK IV/Ternate,” rinci Pangdam. (Mg-7)

Baca Juga: Bupati Umumkan Status Waspada Corona di Buru