AMBON, Siwalimanews – Kodam XVI Pattimura menggelar sejumlah rangkaian acara, dalam rangka memeriahkan perayaan HUT ke- 77 Republik Indonesia, yang berlangsung sejak, Rabu (17/8) kemarin.

Selain apel kehormatan, renungan suci, hingga upacara detik-detik proklamasi, juga dilakukan doa bersama lintas agama yang digelar hari ini, Kamis (18/8).

Kegiatan tersebut untuk umat Islam dipusatkan di Masjid Al-Ittihad Belakang Kota, yang dipimpin Ustadz Letkol Inf Asep Dedi Muhtadu, sementara untuk umat Kristiani di Gedung Gereja Ignatius Slamet Riyadi, yang dipimpin Pendeta Rudi Rahabeat, serta Gereja Katedral Diosis yang dipimpin Pastor Paul Kalkoy dan di Pura Sura Yudha Mandala, yang dipimpin oleh Mayor Chb I Wayan Agus.

Doa bersama yang bertemakan Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat itu, diikuti oleh ratusan prajurit Kodam XVI Pattimura.

Kapendam XVI Pattimura, Kolonel Arh Adi Prayogo mengatakan, kegiatan itu sebagai bentuk ungkapan rasa syukur atas HUT ke-77 RI. Untuk itu ia berharap, ini dapat menjadi momen pengucapan syukur, sekaligus untuk menjunjung tinggi nilai toleransi antar umat beragama.

Baca Juga: PDIP dan Golkar Malteng Resmi Polisikan Kalidupa dan Tuahaan

“Doa ini juga  bentuk kebangkitan kita, bangsa Indonesia, dari pandemi Covid-19, sekaligus  memantapkan kembali sektor-sektor vital negara, juga bagi keamanan dan kesejahteraan masyarakat di Maluku,” ucap kapendam. (S-25)