AMBON, Siwalimanews –  PNS Kodam XVI Pattimura Jefry Slamta memberikan pelatihan kepada kelompok budidaya keramba jaring apung kepada nelayan se-Kota Ambon, Rabu (28/4).

Pelatihan bertujuan untuk mening­katkan kemampuan SDM dalam menge­lola usaha secara professional, mencipta­kan kelompok nelayan yang berjiwa wira­usaha dan membina kelompok nelayan dalam pemanfaatan akses permodalan guna meningkatkan produktifitas komo­diti perikanan.

Kegiatan ini digelar berkat kerja sama Bank Indonesia dengan Kodam XVI/Pattimura serta Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku yang menyasar pada kelompok nelayan pembudidaya di Lateri dan perwakilan pengurus kelompok nelayan pembudidaya di Hative Kecil dengan target 20 orang.

Pelatihan yang berlangsung 28-1 Mei ini akan menyajikan materi seputar  budi­daya ikan yang baik, meliputi pengenalan penyakit ikan dan penyembuhan­nya, pen­campuran pakan, pem­bersihan dan pen­jahitan jaring keramba serta pemisahan ikan dan analisis usaha budidaya.

Terkait dengan hal itu, Kodam XVI Pattimura melalui staf teritorial menunjuk PNS Jefry Slamta ang­gota Denmadam XVI Pattimura untuk menjadi pemateri pada pelatihan kelompok nelayan keramba jaring apung yang mana PNS Jefry Slamta merupakan sa­lah satu anggota Kodam XVI Patti­mura yang sukses mengem­bangkan keramba jaring apung dari botol bekas.

Baca Juga: Pemprov Telat Keluarkan Panduan Ibadah Ramadan

“Awalnya saya terinspirasi dari orang Australia yang membuat pulau dari botol bekas, namun saya pikir-pikir lagi mending botol-botol bekas itu saya buat keramba jaring apung dan Puji Tuhan setelah pereko­nomian saya me­ningkat, botol bekas itu saya ganti dengan drum biar lebih kuat,” ujar Jefry.

Setelah menekuni dengan sa­bar sejak tahun 2009 hingga dia suk­ses, kemudian membantu sejum­lah kelompok nelayan yang ada di Provinsi Maluku. Selain itu juga sempat memberikan pelatihan Budidaya ikan untuk skala ekspor, lobster dan kerapu. (S-21)