NAMLEA, Siwalimanews –  Koramil 1506-05 Wansisi dan Polsek Waesama, mengelar sosiali­sasi penting­nya protokol kesehatan sekaligus pem­bagian masket bagi masyarakat.

Dalam siaran pers yang diterima Siwalima, Rabu (28/4), Kapten Inf Husain Malagapy bersama Ipda Dhede Syamsi Rifai dalam kegiatan sosialisasi tersebut, mengajak mas­yarakat setempat agar patuhi pro­tokol kesehatan, mau menggu­nakan masker saat di luar dan bepergian, rajin cuci tangan dengan sabun, serta menjaga jarak saat sedang berada di keramaian.

Danramil 1506-05 Wamsisi, Kap­ten Inf Husain Malagapy mengaku langkah itu perlu dipatuhi warga guna mencegah peredaran Covid-19 yang telah beredar di tempat lain, agar jangan sampai terbawa pulang ke Wamsisi akibat tidak patuhi pro­tokol kesehatan.

Diharapkan, melalui sosialisasi ini masyarakat akan semakin peduli dan sadar akan pentingnya meng­guna­kan masker untuk menjaga dan mencegah diri sendiri, keluarga dan lingkungan agar tidak terpapar virus Covid-19.

“Penggunaan masker adalah hal penting saat ini, karena kita semua tidak pernah tahu orang tanpa gejala pun bisa menjadi sumber penye­baran penyakit ketika kita di luar rumah,” ujar Danramil.

Baca Juga: Penyelenggaran Ibadah di Masjid akan Dipantau

Selain untuk mencegah Covid 19, langkah positif menggunakan mas­ker juga bermanfaat dalam tiga hal, yaitu meng­hindari paparan polusi udara, mencegah penularan dan pe­nyebaran penyakit, serta melindungi wajah dari efek negatif sinar mata­hari dan polusi.

Asap dari kendaraan bermotor, rokok, dan debu, adalah beberapa jenis polusi udara yang bisa dite­mukan setiap harinya. Paparan po­lusi ini dapat mempengaruhi kinerja paru-paru serta meningkatkan risiko terserang penyakit pernapasan seperti asma dan PPOK, penyakit jantung dan kelahiran prematur.

Menggunakan masker mulut juga dapat membantu mencegah  menularkan atau tertular berbagai macam penyakit, seperti flu, batuk, ISPA, dan sindrom pernapasan akut berat atau severe acute respiratory syndrome.

“Maka itu, memakai masker mulut dapat menjadi salah satu cara terbaik agar kita tidak mudah tertular atau menularkan penyakit. Masker yang digunakan dengan benar bisa membantu mencegah virus dan bakteri menyebar melalui lendir atau cairan yang keluar saat bersin atau batuk,” tuturnya.

Sementara itu, Dandim 1506 Namlea Agus Guwandi menambahkan agar masyarakat selalu disiplin menerapkan protokoler kesehatan yang ketat dan juga mengikuti anjuran pemerintah untuk selalu menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, fisik dan juga menghindari kerumunan.

Hadir pada acara ini juga Kapolsek Waesama, Ipda       Dhede Syamsi Rifai bersama dengan staf. (S-31)