AMBON, Siwalimanews – Komitmen dalam membantu pemerintah, meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, Kodam XVI Pattimura menggandeng Kimia Farma, menggelar kegiatan vaksinasi Gotong-Royong.

Vaksinasi berlangsung di Rumah Sakit Tentara Tingkat II dr. J.A. Latumeten, Kamis (15/6) itu yang dibuka Kasdam XVIPattimura, Brigjen TNI Agung Pambudi, mewakili Pangdam.

Dalam amanatnya, Pangdam, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kimia Farma, atas kerja sama dan kolaborasi yang ikhlas, untuk memberikan vaksinasi gotong-royong.

“Vaksinasi yang dilaksanakan saat ini, diberikan kepada prajurit Kodam XVI Pattimura dan masyarakat di Kota Ambon, yang sebelumnya telah melaksanakan vaksin pertama, vaksin kedua dan vaksin Booster pertama,” terangnya.

Perlu diketahui juga menurutnya vaksin Booster berfungsi untuk meningkatkan dan memastikan imun yang telah terbentuk pada dosis sebelumnya dari para peserta vaksinasi,

Baca Juga: Seks Sesama Jenis Picu HIV-AIDS Tinggi di Ambon

“Kami harapkan dapat lebih optimal dalam menjaga daya tahan tubuh,” ujarnya.

Ditempat yang sama Dirut Utama PT. Kimia Farma, Ardhy Nugrahanto Wokas, mengaku meskipun sudah melewati masa pandemi, bukan berarti kita sudah bebas sepenuhnya dari Covid-19. “Hendaknya kita terus berupaya untuk melindungi diri dan keluarga, serta masyarakat sekitar dengan melakukan vaksinasi, dalam rangka meningkatkan imunitas dan kekebalan tubuh,” harapnya.

Ia menjelaskan, vaksin Gotong-Royong yang digunakan hari ini adalah vaksin jenis sinopharm, yang telah melewati berbagai riset dan uji klinis, sehingga sudah mendapat ijin pemakaian dari BPOM.

“Pemakaian vaksin ini dapat dipastikan aman untuk masyarakat Indonesia,” ulasnya.

Dalam pelaksanaan vaksin tersebut, lanjutnya kurang lebih 200 orang yang terdiri dari TNI dan keluarganya serta masyarakat telah tervaksin, sekaligus juga memperoleh bingkisan berupa sembako.

Lourens Muskita, salah satu warga Negeri Lama, binaan Kodim 1504-01 Baguala menuturkan, dirinya merasa sangat terbantu dengan adanya vaksinasi gratis tersebut. Terlebih, setelah vaksin Ia mendapat bingkisan sembako.

“Terima kasih kepada Kodam XVI Pattimura dan Kimia Farma, yang telah menyelenggarakan vaksinasi gratis dan pembagian sembako ini”, ucapnya.(S-09)