AMBON, Siwalimanews – KMP Lelemuku yang merupakan kapal bantuan Kementerian Perhubungan tahun 2017 lalu, terbakar ketika sementara berlabuh di Pelabuhan Saumlaki, Senin (24/5) malam.

Ketika terbakar 26 anak buah kapal berhasil selamat, sementara kepala kamar mesin (KKM) yakni Johanis Ririmase harus dilarikan ke RSUD dr PP Magretti di Kota Saumlaki untuk mendapatkan perawatan medis akibat luka bakar yang dialaminya.

Informasi yang berhasil dihimpun Siwalimanew dari sumber terpercaya di mapolres setempat menyebutkan bahwa, saat kejadian seluruh ABK maupun komprador dan KKM sementara mempersiapkan diri untuk mandi malam.

“Awalnya mereka tidak tahu kalau kapal sudah terbakar. Api diduga berasal dari korsleting listrik pada pada bagian lambung kapal,” ujar sumber itu.

Mengetahui kapal terkabar, mereka kemudian berlari menyelamatkan diri keluar kapal. Sementara seluruh barang milik ABK ludes terbakar karena tidak sempat diselamatkan.

Baca Juga: Selama Pandemi Perpustakaan Maluku Batasi Pengunjung

Beruntung mobil pemadam kebakaran milik Pemda KKT tiba di TKP untuk memadamkan api. Empat jam bergelut api akhirnya berhasil dijinakan oleh tim pemadam kebakaran sekitar pukul 22.45 WIT. (S-39)