DOBO, Siwalimanews – KM Sandoro akhirnya ditemukan Tim SAR Gabungan di Perairan Desa Samang dalam kondisi tenggelam, Jumat (5/2) malam.

Kapal dengan delapan 8 ABK itu, sebelumnya dilaporkan mati mesin, Jumat (5/2) pagi, di perairan Pulau Wasir, Kecamatan Aru Utara, Kabupaten Aru.

Kapal naas itu berangkat dari Desa Jambu Air, Kecamatan Aru Tengah Timur pukul 09.00 WIT dengan tujuan Pelabuhan Dobo, namun ditengah perjalanan, kapal mengalami mati mesin di sekitar perairan Pulau Wasir dan hantam ombak disertai angin kencang mengakibatkan kapal tersebut karam.

Kepala Unit Siaga SAR Kepulauan Aru, Reinhard Loppies kepada Siwalimanews, menjelaskan, KM Sandoro telah ditemukan dan delapan ABKnya juga berhasil diselamatkan oleh Tim SAR.

“Kapal tersebut telah kami temukan di Perairan Desa Samang, dekat dengan Dusun Waiko dalam kondisi tenggelam. Kapal ini  tenggelam, akibat diterjang ombak besar disertai angin kencang,” ujarnya.

Baca Juga: Mati Mesin di Pulau Wasir, Tim SAR Cari KM Sandoro

Untuk sementara kata dia, seluruh penumpang yang adalah ABK ini, dievakuasi ke Desa Samang. Mereka dievkuasi ke desa terdekat dari lokasi kejadian, karena berbagai pertimbangan keselamatan bersama.

“Sementara ini TIM SAR tidak bisa melanjutkan evakuasi ke Dobo karena sudah malam dan cuaca juga lagi extrim,” ucapnya.

Direncanakan, hari ini, Sabtu, (6/2) baru Tim SAR mengevakuasi kedelapan ABK menuju Dobo,” jelasnya. (S-25)