AMBON, Siwalimanews – Unit Pelaksana Teknis Klinik Mata Ambon Vlissingen yang kini statusnya dinaikan menjadi Badan Layanan Umum Daerah memberikan donasi Jaminan Kesehatan Nasional untuk 100 warga Kota Ambon melalui BPJS Kesehatan Cabang Ambon.

Humas BPJS Kesehatan dalam rilisnya  yang diterima redaksi Siwalimanews, Jumat (17/11), menjelaskan

Klinik Mata Ambon Vlissingen merupakan sebuah klinik yang bergerak dibidang pelayanan kesehatan mata, merupakan hasil kerjasama sister city antara Kota Ambon dan Kota Vlissingen Belanda yang berdiri di Kota Ambon sejak tahun 2013.

“Pada 11 November 2023 kemarin, perayaan satu dekade berdirinya BLUD UPT tersebut dan dalam momen perayaan berbagai kegiatan dilakukan, seperti lomba edukasi kesehatan mata di sosial media, pemeriksaan pasien prolanis, skrinning riwayat kesehatan, pemeriksaan seribu mata gratis, pemberian kacamata gratis, symposium kesehatan mata dan talk show kesehatan mata yang secara spesial dihadiri oleh host Kick Andy yakni Andy F Noya yang juga merupakan Ketua Komite Mata Nasional,” tulis pihak humas.

Dalam kegiatan itu, sejumlah bantuan juga diserahkan Kadis Kesehatan Kota Ambon Wendy Pelupessy dan dr Daniel J Segers selaku Kepala Klinik Mata Ambon Vlessingen kepada Kepala BPJS Kesehatan Kota Ambon Saiyed Abdul Gaffar Assaqqaf.

Baca Juga: Pemkab Malteng Lounching Gerakan Pangan Murah

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon, Saiyed Abdul Gaffar Assaqqaf pada kesempatan itu menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan. Pasalnya, dengan bantuan ini, maka iuran JKN 100 warga Kota Ambon telah dibayarkan selama setahun berdasarkan perjanjian kerja sama donasi JKN nyang akan mulai berlaku pada 1 Desember 2023 hingga 30 November 2024.

“Terima kasih atas kontribusinya. Donasi bagi masyarakat yang belum memiliki jaminan sosial kesehatan ini penting, sehingga masyarakat kurang mampu bisa memperoleh perlindungan jaminan kesehatan. Kita tentu berharap, ini bisa dicontoh oleh badan usaha atau pihak lain, yang juga bisa menanggung iuran JKN bagi warga kurang mampu di Ambon,” ucap Assaqqaf.(S-25)