AMBON, Siwalimanews – Setelah sebelumnya sukses dengan pekaksanasn operasi lalu lintas terpusat dengan sandi Simpatik Salawaku, Polda Maluku kembali akan melaksanakaan operasi serupa dengan sandi Zebra Salawaku tahun 2023.

Sebelum operasi kepolisian tersebut dilakukan, Polda Maluku terlebih dahulu melaksanakan pelatihan pra operasi yang diselenggarakan di ruang utama lantai V Mapolda Maluku, Kamis (31/8).

Karo Ops Polda Maluku Kombes Asep Saipudin dalam sambutannya yang dibacakan Kabag Dal Ops Biro Roops Polda Maluku AKBP Legawa mengatakan, operasi Zebra Salawaku bertujuan untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

“Kegiatan ini dilakukan untuk mengupayakan peningkatan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas (kamseltibcarlantas),” ujarnya.

Ia mengaku, operasi Zebra Salawaku akan dilaksanakan selama 14 hari ke depan. Dalam pelaksanaannya diutamakan mengedepankan kegiatan edukatif dan persuasif, baik statis maupun mobile serta teguran-teguran simpatik.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 6,4 Guncang Laut Banda

“Ini dilakukan dalam rangka meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dengan sasaran segala potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang berpotensi dapat menyebabkan pelanggaran, kemacetan dan laka lantas,” jelasnya.

Karo Ops meminta seluruh personel yang melaksanakan operasi zebra dapat bekerja dengan profesional serta tidak memperburuk citra Polri di mata publik.

“Pelatihan pra operasi yang digelar saat ini selain meningkatkan sumber daya manusia juga bertujuan untuk meningkatkan sinergitas tugas, sehingga kesamaan visi, misi dan persepsi bagi semua pelaksanaan yang akan terlibat langsung dalam operasi,” tandasnya.(S-10)