AMBON, Siwalimanews – Sampah kembali menumpuk di sejumlah titik pembuangan namun tidak pernah diawasi oleh petugas dari Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan Kota Ambon.

Padahal penanganan sampah menjadi salah satu program walikota namun kenyataan sampah dibiarkan menumpuk di tepi jalan tepatnya di RT 001/RW 004, Dusun Kayu Tiga

Pantauan Siwalima, Tumpukan sampah itu dibiarkan berhari-hari berada di lokasi tersebut tanpa diangkut petugas.

Bahkan mobil-mobil picup terlihat membuang sampah pada lokasi tersebut. Padahal, lokasi itu ber­dekatan dengan pemukiman warga, dan bukan tempat pembuangan akhir (TPA).

“TPS agak jauh dari lokasi pemukiman itu, karena letaknya di Kayu Putih, sementara di Kayu Tiga tidak ada TPS. Pernah ada, tapi dibongkar pada 2019, sehingga warga sekitar yang juga membuang sampa pada lokasi itu,” jelas Nona Loupatty warga Kayu Tiga kepada Siwalima, Kamis (6/10).

Baca Juga: Panglima Himbau Prajurit & PNS Jaga Kepercayaan

Dia mengatakan, sebelum TPA dibongkat sampah-sampah sempat diangkut oleh petugas DLHP, namun setelah itu, mobil-mobil picup entah dari mana, pada malam hari membuang sampah di lokasi dekat rumahnya.

“Sampah yang sudha diangkut kembali menumpuk dan membusuk hingga kini. Dan kami sudah beberapa kali melapor ke dinas namun tidak ditindaklanjuti,” ke­salnya.

Alhasil, setiap hari, warga sekitar harus menerima dampak dari bauh busuk sampah.

Selaku warga dirinya berharap ada perhatian Pemerintah Kota Ambon, dalam hal ini DLHP, untuk melihat persoalan dimaksud.

“Kita berharap setelah ini sampah-sampah itu dibersihkan dan ada larangan untuk membuang sampah pada lokasi itu. Kalau kedapatan, ada sanksi supaya ada efek jerah juga, karena kita warga yang terima dampaknya,” tan­dasnya. (S-25)