AMBON, Siwalimanews – Ketua DPRD Kota Ambon Elly Toisutta kembali menggelar nikah massal bagi 14 pasangan yang dipusatkan di Gedung Gereja Joseph Kham Belakang Soya, Sabtu(24/4).

“Kegiatan nikah masal ini, merupakan program yang sudah dilaksanakan dari tahun 2020 dan selama masa ksepemimpinan saya menjadi Ketua DPRD Kota Ambon sudah dua kali dilaksanakan dan Insya Allah progam nikah massal ini setiap tahun akan terus di jalankan,” ungkap Toisutta kepada wartawan, usai pemberkataan 14 pasangan yang menikah.

Drai 14 pasangan ini, sembilan pasangan dinikahan secara agama dan sipil, sementara pasangan lainnya dinikahkan secara catatan sipil.

“Kalau bagi kita yang punya uang mungkin saja bisa dilaksanakan dengan mewah dan besar-besaran, tetapi kenyataannya banyak yang sudah miliki dua hingga tiga anak, bahkan 4 anak, namun secara agama dan secara pemerintahan belum dilegalkan status mereka sebagai suami istri,” ucap Toisuta

Untuk itu, dengan adanya program nikah massal seperti ini kata Toisuta, pihaknya minta untuk semua stakeholder sebagai pemangku kebijakan, dapat melihat hal ini sebagai satu upaya untuk membantu masyarkat ditengah kondisi pandemi Covid-19.

Baca Juga: Pemkab tak Miliki Kewenangan Larang Warga Dulang Emas

Proses pendaftaran program nikah massal ini sudah sesuai dengan aturan dan UU Pernikahan, yang mana dimulai dari pendataan pasangan nikah, pembagian formulir termasuk kelengkapan data dari RT/RW dimana psangan ini tinggal.

“Sejauh ini, panitia sudah bantu kesulitan pasangan dalam memiliki KTP serta KK dan alhamdulilah, seluruh administrasi telah diselesaikan, sehingga 14 pasangan pengantin ini sudah bisa mengikuti pemberkatan nikah secara massal dengan baik,” ucapnya.

Ditanya, apakah program nikah massal ini juga akan dilangsungkan bagi pasangan yang beragam Muslim, Topisuta mengaku, tetap akan dilaksanakan, namun saat ini pihaknya sementara menjajakinya.

“Semoga dalam waktu dekat kegiatan ini juga bisa berlangsung bagi pasangan yang beragam Muslim sehingga nantinya didaftarkan di KUA,” ujarnya.

Ia berharap, 14 pasangan pengantin yang sudah melangsukan pemberkatan nikah ini dapat menjadi keluarga yang selalu bahagia. (S-51)