AMBON Siwalimanews – Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, menegaskan masalah Ketahanan pangan menjadi fokus Pemerintah Kota Ambon di tahun 2022 mendatang.

Hal ini dilakukan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui standar pelayanan minimum daerah, maka prioritas program pembangunan Kota Ambon tahun 2022 mendatang, akan diarahkan kepada ketahanan pangan secara berkepanjangan.

“Itu akan menjadi arah kebijakan pembangunan kita pada tahun 2022 mendatang,” jelas Louhenapessy kepada wartawan  di Balai Kota Ambon Rabu (15/2).

Selain ketahanan pangan, ada beberapa program prioritas lainnya juga disiapkan oleh Pemerintah Kota Ambon di tahun 2022 nanti, seperti peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), dan harmonisasi sosial.

“Semua program yang akan menjadi prioritas dalam 2022 bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain beberapa program tadi, peningkatan standar pelayanan minimal, dan peningkatan ekonomi juga masuk sebagai program prioritas,” ujarnya.

Baca Juga: Antisipasi Perkembangan Kamtibmas, Brimob Gelar Apel Siaga

Tidak sampai disitu, percepatan penanganan Covid-19 dan pencegahan dampak corona, peningkatan kualitas lingkungan hidup, serta ketahanan terhadap bencana akibat perubahan iklim, diakui juga masuk sebagai program prioritas 2022.

Selain itu ada juga pembangunan infrastruktur pariwisata dan ekonomi kreatif di tahun 2022.

“Saya berharap, semua program ini dapat menciptakan kesejahteraan masyarakat secara berkepanjangan,” paparnya.

Dalam upaya mensejahterakan masyarakat, semua program yang akan dikerjakan pada 2022 nanti, harus difokuskan kepada pemulihan ekonomi masyarakat, melalui peningkatan pariwisata ekonomi kreatif, dan ketahanan pangan.

“Semua itu harus didukung dengan  infrastruktur yang berkualitas. Sebab, fokus untuk 2022 adalah, pencapaian standar pelayanan minimun daerah, untuk mencapai peningkatan pendapatan per kapita, dan adaptasi dalam menghadapi kehidupan baru atau new normal,” jelasnya.

Louhenapessy berharap, kepada seluruh pimpinan OPD, dapat menyumbangkan ide-ide cemerlang, sehingga dapat mendukung proses realisasi program tahun 2022 nanti.

“Saya berharap agar ada ide-ide kreatif dari semua pihak di Pemkot Ambon, agar bisa kita padukan dalam berbagai program, sehingga  2022 nanti, semua program dapat tepat sasaran dan bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat,” tutupnya. (S-52)