Cuaca ekstrim masih terus terjadi di wilayah Maluku baik itu intensitas hujan tinggi,.angin kencang maupun.gelombang tinggi.“Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Maritim Ambon mengeluarkan peringatan akan adanya gelombang tinggi di sejumlah perairan di Maluku,

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Maritim Ambon, menghimbau masyarakat untuk waspada terhadap gelombang tinggi yang masih mengancam perairan Maluku.

Untuk Gelombang dengan tinggi 1,25-2,50 meter berpeluang terjadi di peraian Buru, Ambon Lease, perairan Selatan Seram dan Laut Banda. Sementara tinggi gelombang 2.50 sampai dengan 4.0 meter berpeluang terjadi  di perairan Sermatang hingga Leti, perairan Babar, perairan Tanimbar, peraian Kai dan perairan Aru serta Laut Arafura.

Hal ini terjadi lantaran terdapat siklon tropis Conson (990 hPa) di Laut Cina Selatan dan siklon tropis Canthu (935 hPa) di Laut Filipina yang berdampak secara tidak langsung pada ketinggian gelombang.“Sementara untuk pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Tenggara menurju Barat Daya, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Timur menuju Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5 sampai dengan 30 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Cina Selatan, Perairan Selatan Banten hingga Jawa Barat, dan Perairan Utara Sulawesi Utara.“BMKG  berharap, kepada seluruh masyarakat atau nelayan agar memperhatikan resiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran

Baca Juga: Selamatkan Rumah Sakit GPM

Peringatan BMKG ini penting demi keselamatan masyarakat. Himbauan ini juga butuh kesadaran dan peran masyarakat dalam penanggulangan bencana.

Peran serta masyarakat penting untuk turut bersama-sama melakukan sosialisasi.“Masyarakat harus tingkatkan kewaspadaan sehingga kondisi apapun yang terjadi  masyarakat sudah siaga.

Tentu kita tidak mengharapkan bencana terjadi dan menimpa masyarakat  tetapi.langkah antisipasi dengan mengikuti seluruh.saran serta informasi BMKG atau pemerintah daerah  perlu. Saling mendukung dan saling kerjasama harus terus ditingkatkan sehingga upaya mencegah bencana dapat diminimalisir dengan baik.

Pemerintah berperan melakukan.sosialisasi menginformasi kepada masyarakat, tetapi masyarakat juga perlu berperan dengan meningkatkan kewaspadaan. Peran serta masyarakatlah yang sangat dibutuhkan. Karena hal itu telah membantu pemerintah.(*)