AMBON, Siwalimanews – Kementerian Perdagangan menyambut baik usulan tambahan pembangunan satu unit pasar baru lagi, guna menampung pedagang di Pasar Mardika.

Respons baik Kementerian Perdagangan ini disampaikan Ketua Komisi III DPRD Provinsi Maluku, Richard Rahakbauw kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Sabtu (3/2).

Rahakbauw menjelaskan Komisi III telah menyampaikan usulan penambahan pasar baru kepada Kementerian Perdagangan sesuai janji Menteri Perdagangan  Zulkifli Hasan.

“Kita sudah sampaikan usulan penambahan pasar baru di Mardika dan direspon dengan baik oleh pihak Kementerian Perdagangan,” ungkap Rahakbauw.

Pasca usulan disampaikan kata Rahakbauw, Kementerian Perdagangan akan melakukan koordinasi dengan Kementerian PUPR untuk dimasukkan dalam rencana pembangunan.

Baca Juga: Renjaan: Stok Beras di MBD Masih Cukup

Walaupun demikian, belum dapat dipastikan pasar baru tersebut dibangun di tahun 2024 atau 2025, namun yang terpenting DPRD telah berinisiatif untuk menjembatani persoalan pedagang di Pasar Mardika.

“Untuk pembangunannya kapan itu menjadi kewenangan pemerintah pusat, tetapi yang pasti kita telah mengusulkan itu sebagai wujud peran DPRD dalam menyelesaikan persoalan pedang di Pasar Mardika,” ucap Rahakbauw.

Menurut Rahakbauw, persoalan penataan pedagang di Mardika hanya dapat dilakukan, jika ada tambahan gedung pasar baru.

Apalagi, pasar baru yang telah selesai dibangun pemerintah tidak mampu untuk menampung seluruh pedagang yang mencapai ribuan orang.

“Ini persoalan daya tampung yang tidak sesuai jumlah pedagang di Mardika, jadi kita berharap pedagang juga sabar sampai dibangun satu gedung pasar baru,” pinta Rahakbauw.(S-20)