AMBON, Siwalimanews – Anggota DPRD Provinsi Maluku dapil Kabupaten Seram Bagian Barat M Hatta Hehanussa mendesak, Balai Pelaksana Jalan Nasional Maluku untuk segera menangani persoalan banjir yang terjadi di Dusun Air Buaya, Desa Kairatu Kecamatan Kairatu, Kamis (29/9) lalu.

Banjir ini terjadi, akibat curah hujan yang cukup tinggi selama satu jam yang mengakibatkan puluhan rumah warga Dusun Air Buaya terendam, bahkan dipenuhi material banjir dalam rumah warga. Salah satu penyebab luapan banjir merendam rumah warga, dikarenakan gorong-gorong jembatan yang terlalu kecil dan tidak mampu lagi menampung debit air yang mengalir dari hulu.

“Gorong-gorong tersebut berada pada bahu jalan milik nasional, maka kita minta pihak balai untuk segera melihat hal ini,” ucap Hehanusa kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang, Senin (3/10).

Menurutnya, jika BPJN tidak menangani penyebab banjir tersebut, maka dipastikan ketika terjadi curah hujan yang tinggi akan membawa dampak banjir yang cukup luas dan merendam puluhan rumah warga lagi.

Apalagi, Desa Kairatu merupakan daerah yang terdapat lembaga pendidikan tinggi seperti STIKES Pasapua Maluku, sehingga pihak BPJN sebagai penanggung jawab ruas jalan nasional, harus dapat menyelesaikan permasalahan ini.

Baca Juga: DPRD Minta Rumkital Percepat SPM Jasa Nakes

“Saya juga minta BPBD SBB untuk segera melakukan normalisasi mengatasi dampak banjir sebagai langkah tanggap darurat, dengan menurunkan alat berat guna mengangkat material banjir dari gorong-gorong,” pintanya.(S-20)