AMBON, Siwalimanews – Kejuaraan Hapkido memperebutkan piala Gubernur Maluku dinilai sebagai langkah strategis, dalam rangka pembinaan dan pengembangan olahraga ini di Provinsi Maluku.

“Hapkido merupakan jenis olahraga seni bela diri dari Korea yang tergolong baru di Indonesia. Perkembangannya pun dari waktu ke waktu menunjukkan trend yang signifikan, ini  ditandai dengan semakin meningkatnya jumlah atlet dan peminat olahraga ini,” ujar gubernur dalam sambutannya yang dibacakan Asisten I Bidang Pemerintahan Samuel E Huwae, saat membuka Kejuaraan Hapkido perebutan Piala Gubernur Maluku, di Gedung Dojo Imam SPN Passo, Sabtu (16/7).

Perkembangan olahraga ini kata gubernur, dapat dilihat dari telah terbentuknya kepengurusan, baik di tingkat provinsi, maupun Kota Ambon dan beberapa kabupaten lainnya di Maluku dan secara nasional, sudah ada di 30 provinsi di Indonesia.

Hal ini tentu sangat membanggakan, ditambah cabang olahraga ini kini telah dipertandingkan secara eksebisi pada PON di Papua Barat, dan saat ini, kejuaraannya akan digelar di Maluku.

“Ini menunjukan, bahwa geliat dan perkembangan olahraga Hapkido Indonesia telah semakin berkembang di Provinsi Maluku,” ujarnya.

Baca Juga: Usai Pesan PSK, Pria Ini Dikeroyok OTK

Oleh sebab itu, gubenrur minta pengurus Hapkido Maluku dapat mengembangkan olahraga ini dengan masif di provinsi ini, termasuk mengupayakan dan merealisasikan pembentukan pengurus di seluruh kabupaten/kota, sehingga olahraga Hapkido semakin dikenal oleh masyarakat luas dan berkembang menjadi olahraga unggulan di Maluku.

Untuk itu gubernur mengajak seluruh pemangku kepentingan, untuk mendukung sepenuhnya tugas dan tanggungjawab dalam rangka pembinaan dan pengembangan olahraga Hapkido maupun cabang olahraga lainnya di Provinsi Maluku melalui komunikasi, koordinasi dan kolaborasi oleh seluruh pemangku kepentingan, baik tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota dalam rangka membangun dan menyatukan pemikiran, serta menyusun langkah-langkah konstruktif dan komprehensif dalam pembinaan dan pengembangan olahraga prestasi di Provinsi Maluku.

“Oleh karena itu saya berharap, kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, serta menjadi wadah untuk memperkenalkan olahraga ini ke masyarakat Maluku, sekaligus ajang untuk mencari atlet-atlet Hapkido potensial,” pesan gubernur. (S-25)