BULA, Siwalimanews – Api nyaris membakar satu rumah warga, di Dusun Kelapa Dua, Desa Bula, Kecamatan Bula, akibat kebakaran hutan yang terjadi, Sabtu (7/9) sekitar pukul 16.00 WIT.

Lokasi kebakaran di lingkungan perumahan warga yang ditempati kurang lebih dua KK ini dapat dipadamkan setelah ada bantuan 10 orang warga dan pemuda sekitar.

Kepada Siwalimanews di tempat kejadian, saksi mata Rumakabis mengatakan, kebakaran ini terjadi kurang lebih sekitar pukul 16.00 WIT. Untung saja ada bantuan warga dan pemuda kurang lebih 10 orang sehingga api dapat dipadamkan pada pukul 21.00 WIT.

“Kebakaran ini terjadi kurang lebih sekitar pukul 16.00 WIT, dan api dapat dipadamkan pada pukul 21.00 WIT setelah warga dan pemuda kurang lebih 10 orang datang memberikan bantuan dengan cara manual, serta dari kebakaran ini tidak ada korban jiwa atau korban material lainnya,” ujar Rumakabis.

Kronoligis kebakaran ini, Rumakabis yang merupakan saksi mata menjelaskan, kebakaran ini diketahui setelah dirinya mencium bau asap kebakaran,  yang pada saat itu hanya berjarak kurang lebih 10 meter saja dari rumahnya.

Baca Juga: Wakapolda: Pelatihan Phisikologi Penting bagi Anggota Polri

Karenanya, dia langsung keluar dan mulai meminta tolong warga sekitar yang rumahnya berjarak kurang lebih 200 meter. Sambil menunggu kedatangan tetangga, dia mencoba untuk melakukan pemdaman semampunya.

“Selesai saya minta tolong kepada warga sekitar, saya langsung mengambil air dengan untuk melakukan pemadaman,” tambah Rumakabis.

Rumakabis mengatakan pula bahwa, kebakaran saat ini diduga sengaja dibakar oleh orang yang tak bertanggung jawab karana menurutnya, lingkungan hutan tersebut tidak mungkin terbakar jika dibakar oleh orang lain.

“Api mulai menyebar dari hutan sebelah yang kurang lebih 10 meter dengan rumah saya, dan saya yakin bahwa api ini sengaja dibakar oleh orang yang tidak bertanggung jawab,” ungkapnya.

Pantauan Siwalimanews di lokasi kejadian, sekitar pukul 21.35 WIT, api sudah bisa dipadamkan dan hanya berjarak kurang lebih 2 meter saja dari rumah Rumakabis.

Mendengar informasi adanya kebakaran hutan, tiga orang utusan BPBD SBT yang dipimpin oleh Chayus Pawae juga tiba di lokasi. (S-47)