AMBON, Siwalimanews – Minimnya inovasi dari penyelenggara Spice Island Darwin Ambon Yacht Race 2023 membuat peserta berkurang drastis.

Event ini sendiri pertama kali digelar tahun 1976 sebagai  bagian dari hubungan kerja sama sister city antara Kota Ambon dan Kota Darwin Australia.

Lomba ini sempat terhenti di tahun 2007 karena mengalami penurunan peserta dan kembali dilanjutkan di tahun 2019 yang mana hanya ada 11 perahu yang singgah ke Ambon.

Di tahun 2023 pasca pandemi Covid-19 lomba perahu layar ini kembali digelar dan hanya ada 8 perahu tiba di Pantai Amahusu, sejak tanggal 8-10 Agustus.

Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena  saat perayaan perpisahan dengan peserta perahu layar di salah satu hotel, di Amahusu, Sabtu (12/8) mengaku akan mengevaluasi event ini.

Baca Juga: BMKG: Gempa 5,2 Magnitudo Guncang Aru

“Kita akan evaluasi event ini, mengingat setelah 3 tahun tidak digelar akibat pandemi Covid-19, tahun ini justru hanya diikuti oleh 8 yacht,” kata walikota.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak  yang mendukung terselenggaranya lomba perahu layar tersebut.

“Semoga dengan event SIDAYR, lebih mempererat hubungan kerja sama sister city antara kedua kota ini semakin baik,” harapnya. (S-25)