DOBO, Siwalimanews – Komandan Pangkalan TNI AL Aru Letkol Laut (P) Choirur Roziqin, menutup dengan resmi, kegiatan karya bakti dan bakti sosial (KBBS) Lanal Aru tahun 2021.

Penutupan kegiatan itu dipusatkan di Dusun Belakang Wamar, Desa Durjela, Kecamatan PP Aru, Rabu (8/9).

Danlanal pada kesempatan itu mengatakan, kegiatan KBBS Pangkalan TNI AL tahun anggaran 2021 ini merupakan program Staf Umum Potensi Maritim yang dibuka sejak 28 Juli yang difokuskan di Dusun Blakang Wamar dan Desa Durjela,l Kecamatan Pulau-pulau Aru.

“Kedua lokasi ini dipilih, karena Desa Durjela dan Dusun Belakang Wamar merupakan wilayah kerja Lanal Aru,” tandas Danlanal.

Program KBBS ini, meliputi kegiatan fisik maupun non fisik seperti renovasi SD Kristen Durjela, renovasi Masjid Baitul Amal dan Jabal Qubais.

Baca Juga: Jaksa Limpahkan Berkas Dakwan Dosen Unpatti ke PN Ambon

Selain itu, kegiatan fisik lainnya Lanal Aru telah merenovasi Gereja Santo Yosep dan Imanuel, pembuatan kanopi pustu, pembangunan gapura, pengecatan pagar dan pendirian rumah pintar bahari di Kampung Bahari Nusantara Dusun Blakang Wamar.

“Sementara kegiatan non fisik seperti khitanan massal, pemberian bansos untuk masyarakat Desa Durjela dan Dusun Blakang Wamar serta melaksanakan serbuan vaksinasi massal kepada masyarakat maritim, khususnya di Desa Benjina,” rinci Danlanal.

Sementara terkait visi Kasal Laksamana Yudo Margono, saat ini TNI AL telah memiliki 1.757 desa binaan di seluruh pelosok nusantara. Di tahun 2020, pimpinan TNI AL telah mencanangkan program Kampung Bahari Nusantara.

Ini sebagai bentuk komitmen peran TNI AL di daerah untuk membantu pemda dalam mencerdaskan dan mensejahterakan masyarakat, khususnya di masa pandemi Covid-19 serta meningkatkan wawasan kebangsaan dan jiwa nasionalisme.

Selain itu, pendirian Rumah Pintar Bahari juga bertujuan untuk mengenalkan pengetahuan kebaharian kepada masyarakat Aru.

“Nah, pendirian rumah bahari kita fokuskan di Dusun Blakang Wamar sebagai desa binaan Lanal Aru, agar keberlangsungan program Kampung Bahari Nusantara serta kegiatan Rumah Pintar Bahari dapat tercapai,” tutur Danlanal

Menurutnya, program KBBS yang dicanangkan KSAL bertujuan agar terwujudnya hubungan sosial antara prajurit TNI AL dengan masyarakat, khususnya masyarakat Dusun Belakang Wamar dengan berbagai kegiatan sosial yang ada, sebagai wujud kemanunggalan TNI bersama rakyat, serta terwujudnya sinergitas antara pemda dengan TNI AL atau instansi terkait dalam melaksanakan pembangunan di wilayah Kepulauan Aru, baik itu infrastruktur maupun sumber daya manusianya. (S-25)