AMBON, Siwalimanews – Mengingat jumlah kasus pasien positif covid-19 yang kiat bertambah di daerah ini, membuat Wakapolda Maluku, Brigjen Jan de Fretes menginstruksikan jajaran polres untuk melakukan strelilisasi dengan menyemprotkan cairan disinfektan secara berkala di masing masing wilayah hukum.

Hal ini disampaikan Wakapolda saat memimpin Rapat Analisa dan evaluasi (Anev) Operasi Aman Nusa II Siwalima Polda Maluku Tahun 2020, Senin (11/8).

Rapat anev yang berlangsung di  Rupatama Polda Maluku ini diawali dengan laporan Dir Sabhara, Kombes Agus Pudjianto yang juga menjabat Wakil Kasatgas Operasi Aman Nusa II. Dalam laporan tersebut dipaparkan kondisi Maluku yang mengalami di peningkatan kasus terkonfirmasi   covid -19, terkhususnya di wilayah Kota Ambon yang kembali memasuki zona merah.

Dirinya meinstruksikan Polres jajaran aktif dalam melakukan pendisiplinan ke masyatakat.

“Kasus Covud-19 di Maluku terjadi peningkatan terkhususnya di wilayah Kota Ambon, dengan adanya peningkatan ini Satgas penanganan lakukan koordinasi dan minta agar Polres jajaran lebih aktif laksanakan pendisiplinan protokol kesehatan,” tegas Pudjianto dalam anev yang dihadiri pejabat utama Polda Maluku serta para Kapolres jajaran.

Seraya dengan Wakil Kasatgas, Wakapolda Maluku yang memimpin Rapat juga menegaskan para kapolres untuk rutin melaksanakan penyemprotan disinfektan.

“Dengan kondisi ini, para kapolres harus  melaksanakan penyemprotan cairan disinfektan secara berkala,”pinta Wakapolda.

Selain sterilisasi, lanjutnya, Kapores jajaran diminta aktif melaporkan kejadian menonjol dalam pemberlakuan adaptasi kebiasaan baru.

“Adaptasi kebiasaan baru ini pemerintah sangat mengharapkan peran dari TNI-Polri, untuk itu pesan saya kepada Polresta Ambon dan Polres jajaran agar Bhabinkamtibmas diarahkan untuk lebih peka lagi dan apabila ada hal-hal menonjol agar dilaporkan kepada pimpinan,” pinta wakapolda. (S-45)