MASOHI, Siwalimanews – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Maluku Tengah Bella Fajrah Musrifah Marasabessy berharap kepada masyarakat untuk menjaga dan merawat lingkungan yang baik.

Dalam kehidupan masyarakat modern perkotaan, masalah per­sampahan menjadi tren, karena berkaitan dengan sistem penataan dan tata kelola lingkungan.

“Sampah menjadi sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan kita bermasyarakat. Jadi saya harap kegiatan ini meningkatkan pema­haman masyarakat tentang pen­tingnya menjaga lingkungan,” ujarnya saat membuka sosialisasi pengelolaan sampah di Pasar Binaya Masohi, Senin (24/7)

Ia mengaku setiap hari orang berkontribusi dalam memproduksi sampah, baik sampah organik maupun anorganik.

Apabila pengelolaan sampah dilaksanakan dengan baik lanjutnya akan memberikan kontribusi besar terhadap keindahan kota serta kualitas udara.

Baca Juga: Tak Kantongi Amdal, PT OGI Ngebor Panas Bumi di Buru

“Sebaliknya, jika pengelolaan sampah tidak baik tentu akan ber­pengaruh keindahan dan kesehatan lingkungan kita,” katanya.

Menurutnya  sebagai produsen atau orang yang memproduksi sampah sebaiknya harus melakukan penanganan sampah yang tentu baik dan benar.

Tentu sebagai orang yang memproduksi sampah, masyarakat seyogyanya harus penanganan sampah secara mandiri sebagaimana yang dilaksanakan oleh pemerintah meliputi, pemilahan sesuai jenis, jumlah atau sifatnya, pengangkutan, pengolahan dan pemrosesan akhir.

Proses itu sangat penting agar bisa mengurangi beban pengelolaan sampah yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup.

“Melalui kegiatan ini, kiranya masyarakat dapat diberikan pema­haman tentang apa yang harus dila­kukan pada setiap tahapan penge­lolaan sampah tersebut,” urainya.

Untuk diketahui kegiatan ini menghadirkan sejumlah narasumber masing-masing Ketua Tim Peng­gerak PKK Malteng, Dosen Pasca Sarjana Program Studi MSL Unpatti Debby A.J Selanno, dan pihak Aldo dari pihak PT. Million Limbah Ambon. (S-17)