AMBON, Siwalimanews – Demi meningkatkan kemampuan koperasi dalam menyajikan laporan keuangan Pusat Koperasi Kartika Pattimura menyelenggarakan pelatihan manajemen dan akuntansi koperasi bagi bendahara primer koperasi.

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh oleh Kasdam XVI Pattimura Brigjen TNI Agung Pambudi mewakili Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Ruruh A Setyawibawa, di aula Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Ambon, Senin (24/7).

Pangdam dalam amanat yang dibacakan Kasdam mengatakan, dalam tata kelola koperasi yang baik, sangat membutuhkan kemampuan untuk memahami sistem akuntansi dan manajemen pengelolaan keuangan.

“Diperlukan peningkatan kapasitas sumber daya manusia pengurus koperasi untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuannya mengelola keuangan sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang berlaku,” jelas Pangdam.

Ketua Umum Puskop Kartika Pattimura Kolonel Inf Jocky Pesulima mengaku pelatihan yang diikuti oleh 28 peserta Primkop jajaran Puskop Kartika Pattimura.

Baca Juga: Walikota Harap Ambon Punya Sekolah Musik

“Diharapkan menghasilkan output sebagai pengurus primkop yang mampu melaksanakan tugas pelayanan prima, secara mendasar terukur dan dapat dipertanggung-jawabkan serta outcome mampu meningkatkan kualitas kesejahteraan prajurit Kodam XVI Pattimura,” ujarnya.

Untuk diketahui dalam kegiatan ini dihadirkan pemateri yakni Ketua Umum Puskop Kartika Pattimura Kolonel Inf Jocky Pesulima, Ramona Maelissa dari Dinas Koperasi Kota Ambon, Fredy Talapessy dari Diskop Maluku, Refi Lestaluhu dari KUR BRI, Akhmad Hamam dari KPP Ambon dan Hanna Clarissa V Marpaung dari KPP Ambon.

Materi yang diberikan meliputi UU dan kebijakan pengembangan koperasi, pengantar dan siklus akuntansi, pembuatan laporan keuangan.

Tidak hanya itu ada juga sistem pembayaran pajak Koperasi, kredit usaha bagi koperasi dan UMKM serta pembinaan mental bagi pengurus koperasi. (S-09)