AMBON, Siwalimanews – Kejaksaan Tinggi  Maluku dan Kejaksaan Negeri Kota Ambon melaksanakan Upacara Hari Bakti Adhyaksa yang Ke-63 tahun 2023, Sabtu (22/7).

Upacara yang mengusung tema ‘Penegakan Hukum yang Tegas dan Humanis Mengawal Pembangunan Nasional’ dipimpin langsung oleh Kepala Kejati Maluku, Edyward Kaban sebagai Inspektur Upacara, yang berlangsung di Lapangan Rektorat Universitas Pattimura Ambon.

Jaksa Agung Republik Indonesia dalam sambutannya yang  dibacakan Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku mengatakan, hari Bhakti Adhyaksa yang  diperingati tahun ini, selayaknya dihayati sebagai momentum untuk melakukan evaluasi dan introspeksi atas semua pelaksanaan tugas dan fungsi dalam kurun waktu satu tahun terakhir serta merumuskan strategi untuk kita laksanakan ke depan demi kepentingan masyarakat, bangsa, dan Negara, dengan menerapkan nilai-nilai Trapsila Adhyaksa yang merupakan landasan jiwa Kejaksaan, guna meningkatkan kecintaan  terhadap pekerjaan dan institusi ini, sehingga dapat memotivasi seluruh jajaran untuk terus meningkatkan performa demi menjaga dan meningkatkan capaian prestasi yang telah kita torehkan.

Kajati Maluku menegaskan, dalam perintah harian Jaksa Agung Republik Indonesia tahun 2023, sebagai berikut, satu, Aktualisasikan hidup yang merefleksikan nilai Tri Krama yang merefleksikan nilai Tri Krama Adyaksa baik dalam pelaksanaan tugas maupun bersosialisasi ditengah masyarakat. Dua, Tingkatkan kepekaan sosial berinteraksi dan berkomunikasi dengan masyarakat  dalam setiap pelaksanaan tugas dan wewenang serts kehidupan bermasyarakat. Tiga, Wujudkan kesatuan pola analisis yuridis yang terstruktur dan terukur dalam setiap penyelesaian penanganan perkara. empat, laksanakan penegakan penyelessian perkara hukum secara prosedural dan tuntas. lima, Perkuat kemampuan manajerial dan administratif sarana pendukung pelaksana tugas, pokok dan fungsi kejaksaan. enam, optimalkan sinergi antar bidang guna mewujudkan kerja institusi serta ketujuh, jaga netra­litas personil dalam menyongsong Pemilu serentak tahun 2024.

Selain itu, dalam Upacara tersebut Kajati Maluku secara simbolis menyematkan Satyalencana Karya Satya kepada Pegawai lingkup Kejaksaan Tinggi Maluku ber­dasarkan Petikan Putusan Presiden Republik Indonesia Nomor 17 /TK/ Tahun 2023 tentang Penganu­gerahan Tanda Kehormatan Satya­lencana Karya Satya kepada Pega­wai yang telah bekerja dengan penuh kesetiaan kepada Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara dan Pemerintah serta dengan penuh Pengabdian, Kejujuran, Kecakapan dan disiplin secara terus-menerus paling singkat 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun.

Baca Juga: Penduduk Miskin Berkurang Jadi Kado HUT MBD

Setelah pelaksanaan Upacara, dilanjutkan dengan menyaksikan Pidato Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang dilaksanakan secara virtual/daring serta pelaksa­naan syukuran oleh segenap jajaran Kejati Maluku dan Kejaksaan Negeri Ambon sebagai rasa syukur dalam memperingati Hari Bhakti Adhyaksa ke-63 tahun 2023 yang bertempat di Gedung Auditorium Rektorat Universitas Pattimura Ambon.

Sebelumnya, Kejati  Maluku dalam menyongsong Hari Bhakti Adhyaksa ke-63, telah melaksakan serangkaian kegiatan antara lain Seminar Nasional dengan tema “Optimalisasi Kewenangan Kejak­saan Dalam Penanganan Tindak Pidana yang merugikan Perekono­mian Negara”, Lomba Karya Tulis, Sosialisasi Peran JAM Pidmil, Pekan Olahraga Hari Bhakti Adhyaksa, Anjangsana ke Panti Asuhan dan Purna Bakti Kejaksaan Tinggi Maluku serta Upacara Ziarah ke Taman Makam Pahlawan, Kapa­haha-Ambon.

Upacara Hari Bhakti Adhyaksa ke-63 berjalan lancar dengan tetap mengutamakan Protokol Kesehatan Penanganan dan Pencegahan Covid-19.  Hadir pula Wakajati Maluku, Ketua dan Wakil Ketua IAD Wilayah Maluku, Para Asisten Kejati Maluku, Kepala Kejaksaan Negeri Ambon dan Ketua IAD Daerah Ambon, Kabag TU Kejati Maluku, Para Koordinator Kejati Maluku, Para Pegawai Jaksa dan Tata Usaha Kejaksaan Tinggi Maluku dan Kejaksaan Negeri Ambon serta Pengurus dan Anggota IAD Wilayah Maluku dan Daerah Ambon. (S-26)