AMBON, Siwalimanews – Si jago merah kembali mengamuk di Kota Ambon. Kali ini kawasan Pandan Kasturi RW.005 Kecamatan Sirimau, Kota Ambon menjadi sasaran amukan api.

Dalam insiden yang terjadi Minggu (30/4) Sore ini, tercatat sekitar lima rumah milik Nur Hayati (55), Syahril Syarif (45), Ali Holle (72), Ratna Hasanudin (39), dan Lulu Borut (59) ludes terbakar.

Kasi Humas Polresta Ambon dan Pulau-pulau Lease, Ipda Jane Luhukay kepada wartawan di Ambon, Senin (1/5) menjelas­kan, berdasarkan ketera­ngan salah satu pemilik rumah yang terbakar Ali Holle (72), saat kebakaran terjadi dirinya sementara tertidur. Saat itu saksi terbangun lantaran merasakan hawa panas. Saksi lalu melihat ke arah jendela ada kumpulan asap tebal yang berasal dari rumah milik Lulu Borut.

“Menyadari ada kebakaran, saksi keluar dari kamar dan ternyata api sudah mengelilingi saksi, saksi sempat memadamkan api namum api terlalu besar sehingga saksi keluar dan meminta tolong kepada warga setempat,”jelas Luhukay.

Api yang membesar membuat warga yang memadamkan api dengan peralatan seadanya, kewalahan membendung amukan api. Akhirnya sekitar pukul 14.18 WIT sebanyak 5 unit mobil Damkar Kota Ambon, tiba di TKP dan langsung memadamkan api.

Baca Juga: Rehabilitasi Fasilitas Balai Kota Tertunda

Berselang itu, Kasat Intelkam Polresta Ambon bersama Kapolsek Sirimau AKP Sally Lewerissa dengan personil Polsek Sirimau dan Babinkamtibmas Kelurahan Pandan Kasturi tiba di TKP dan bersama-sama membantu mema­damkan api.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, penyebab pasti kebakaran juga belum diketahui. Namun diduga penyebab kebakaran diakibatkan arus pendek listrik.

“Dugaan sementara, kebakaran disebabkan arus pendek listrik yang berasal dari rumah Ibu. Nur Hayati tepatnya di salah satu ruangan kamar,”ungkapnya. (S-10)