AMBON, Siwalimanews – Di tengah wabah virus corona Covid-19 yang semakin meluas terutama di Indonesia, berbagai tindakan dilakukan pemerintah untuk mencegah agar masyarakat tak lagi terinveksi baik itu dengan cara menyerukan himbauan untuk cuci tangan, melakukan social distancing, hingga penerapan PSBB.

Namun, Satuan Brimob Polda Maluku menyikapinya dengan melakukan penyemprotan disinfektan serta memberikan sosialisasi protap kesehatan yang harus diikuti warga guna memutuskan mata rantai penyebaran virus ini.

Personil KBR (Kimia Biologi Radioaktif)  Detasemen Gegana Satuan yang dipimpin oleh Ipda A Manullang, hari ini, Senin (10/8) melakukan sterilisasi terhadap tiga rumah sakit swasta di Kota Ambon. Ketiga RS ini masing-masing, RS Sumber Hidup (GPM-red) di Jalan Anthoni Rebok, RS Bhakti Rahayu di kawasan Batu Gajah, serta RS Bhyangkara di Tantui.

“Penyemprotan cairan desinfektan dilakukan setiap hari dan hari ini kita lakukan pada tiga RS swasta di Kota Ambon,” ungkap Dansat dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Senin (10/8).

Selain tiga RS ini dan lingkungan ssekitarnya, 10 personil KBR ini juga melakukan penyemprotan pada sejumlah fasilitas umum seperti, Kantor Pos, emperan pertokoan di Amplaz, sejumlah pangkalan ojek di dalam kota, pemukiman penduduk dan pertokoan di Waihaong.

Sehari sebelumnya, Minggu (9/8), kata Dansat, personil KBR Detasemen Gegagan melakukan sterilisasi di kawasan Desa Galala dan Hative Kecil (Aster). Yang menjadi sasaran di kawasan ini antara lain Dermaga Ferry, pertokoan dan emperan serta pemukiman penduduk di Galala dan Aster serta Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) dan fasilitas umum lainnya di kedua kawasan tersebut.

“Kegiatan ini tidak lain sebagai Bhakti Brimob untuk Indonesia dalam rangka bersama memutus mata rantai Covid-19 di Kota Ambon serta memasuki adaptasi kebiasaan baru,” jelas Dansat.

Ditambahkan, usai melaksanakan penyemprotan, personil KBR melaksanakan dekontaminasi mandiri demi membunuh virus tersebut pada APD mereka selanjutnya kembali ke Makoden Gegana Satbrimob Polda Maluku guna melaksanakan penyemprotan desinfektan di tempat lain. (S-45)