AMBON, Siwalimanews – Sekretaris Kota Ambon Agus Ririmase mengaku, untuk menghasilkan atlet yang berprestasi, maka dibutuhkan jam terbang untuk memproleh pengalaman di dunia Karate.

“Untuk menjadi atlet yang berprestasi baik ditingkat Kota Ambon, provinsi hingga nasional maupun internasional, maka mesti digelar banyak event kejuaraan,” ungkap Ririmase usai membuka Kejuaraan BAP CUP Inkado Maluku Karate Championship 2024 di GOR Hotumese Unpatti di Desa Poka, Senin (26/2).

Menurut Ririmasse, lewat kejuaraan-kejuaraan dimaksud, maka tentu diharapkan dapat menghasilkan atlet-altlet karate yang potensial, dimana atlet-atlet tersebut mesti dibina secara maksimal, sehingga Kota Ambon akan memiliki atlet karate yang dapat berkiprah di kancah nasional maupun internasional.

“ini satu hal yang sangat luar biasa demi pengembangan olahraga beladiri, khususnya karate di Maluku. Selaku Ketua Forki Kota Ambon, saya berikan apresiasi kepada pengurus daerah Inkado bersama dengan pengurus cabang Kota ambon dan sejajaran panitia yang telah menyelenggarakan event ini. Ini satu hal yang sangat luar biasa, dimana melalui kejuaraan ini mereka mendapatkan atlet-atlet untuk ke depan dibina secara baik untuk menjadi atlet yang berprestasi bagi kota ini dan Maluku,” ucap Ririmasse.

Untuk itu, Ririmase mendukung penuh jika kedepannya ada kejuaraan yang akan dilakukan oleh organisasi-organisasi Karate di Kota Ambon, sebab, semakin banyak kejuaraan, maka hal itu juga akan mengasah kemampuan dari para atlet karate itu sendiri.

Baca Juga: Ini Penjelasan Diskominfo Soal Fungsi Command Center

Ia juga menceritakan, sejak kecil hingga usia muda, dirinya sering mengikuti event-event seperti ini, karena hal itulah ia bisa berlaga hingga di kancah internasional dan harapannya, jejak itulah yang mesti diikuti, bahkan dilampaui oleh generasi muda di Kota Ambon pada bidang olahraga karate.

“Yang terpenting ialah semangat berlatih dan disiplin serta menjunjung tinggi sportivitas,” tandas Ririmasse.

Untuk diketahui, Kejuaraan BAP CUP Inkado Maluku Karate Championship 2024 diikuti belasan dojo karate di Kota Ambon, baik dari tingkat SD hingga SMA. Kejuaraan ini memperebutkan Piala Bergilir Ketua Umum Forki Kota Ambon, Piala Tetap Ketua KSH Inkado Maluku, Ketua Pengurus Cabang Inkado Kota Ambon dan Ketua Dojo BAP Kota Ambon tahun 2024.(S-29)