AMBON, Siwalimanews – Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Kota Ambon menggelar pertemuan dengan para perwakilan OPD yang memiliki keterkaitan dengan data dan informasi Command Center guna membangun sinergitas, terkait peningkatan pelayanan publik.

Pertemuan tersebut digelar, Jumat (23/2/24) di ruang rapat Command Center  yang  dipimpin Plt Kepala Dinas Kominfo Ronald Lekransy dan dihadiri perwakilan  dari Dinas LHP, Disperindag, Dinas PUPR, Satpol PP, BPBD, Badan Pengelola Pejak dan Retribusi Daerah serta Dishub.

Lekransy usai pertemuan mengaku, selama ini Command Center hanya dilihat sebagai salah satu ikon smart city di Kota Ambon, yang dilengkapi dengan teknologi yang canggih, sehingga pertemuan antar OPD terkait ini untuk mendekatkan semua infrastruktur dan data informasi,  sehingga memudahkan upaya pelayanan publik yang dilakukan oleh masing-masing OPD.

“Secara normatif Command Center merupakan pusat kendali yang dapat mengontrol keadaan di ruang lingkup tertentu. Di pemerintahan Command Center menjadi ruang kendali yang dapat mengamati kota secara terpusat, bahkan pemimpin daerah bisa mengambil keputusan di ruang kendali terpusat itu dengan basis data real time,” jelasnya

Selain melakukan pembahasan terkait tugas pokok dan fungsi Command Center kata Lekransy , perwakilan OPD selanjutnya diajak untuk melihat lebih jelas tentang keterhubungan antara fungsi kontrol yang dilakukan pada ruang Command Center terhadap CCTV maupun aplikasi-aplikasi.

Baca Juga: Terbukti Mencuri, Residivis ini Divonis 7 Tahun Penjara

Pada kesempatan tersebut Lekransy juga memaparkan bagaimana fungsi pengamatan terhadap tapping box yang dipasang pada tempat- tempat wajib pajak yang terkoneksi langsung dengan dashboard Command Center, untuk mempermudah petugas untuk mengawasi wajib pajak, termasuk fungsi- fungsi lain dari Command Center seperti pemantauan CCTV pada ruang public, arus Lalu lintas, titik pembuangan  sampah, pengawasan daerah aliran sungai  dan pengawasan fungsi aplikasi seperti SIMAK, SIMDATIK dan fungsi lainnya.

“Ini upaya untuk kita membangun sinergi dalam mewujudkan Ambon sebagai Smart City melalui tugas dan fungsi di OPD masing-masing,” ucapnya.

Semua OPD yang hadir menurut Lekransy sepakat, bahwa ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari Command Center untuk memudahkan tugas pokok dan fungsi. Bahkan disepakati akan mensosialisasikan tugas dan fungsinya melalui media sosial resmi pemkot, sehingga masyarakat bisa mengetahui dan berpartisipasi secara aktif.

Untuk itu diharapkan, lewat pertemuan ini, pengoptimalan infrastruktur IT Command Center yang merupakan aset pemkot, dapat dimanfaatkan dengan baik oleh OPD yang mempunyai keterkaitan langsung, serta  tidak menutup kemungkinan Dinas Kominfo akan memfasilitasi OPD melakukan pelayanan publik berbasis elektronik dalam segala bidang.

“Mari kita bangun Maluku dan  Indonesia dari Kota Ambon dengan berbasis data,” ajaknya.(S-29)