AMBON, Siwalimanews – Komisi I DPRD Provinsi Maluku mendukung penuh aparat kepolisian menindak tegas aksi balap liar yang marak terjadi.

Dukungan diberikan wakil rakyat merespon perintah Kapolda Maluku Irjen Lotaria Latif kepada jajarannya agar menindak tegas para pelaku balap liar yang telah meresahkan masyarakat.

“Tentu ini langkah baik yang harus kita dukung bersama, sebab aksi balap liar ini secara tidak langsung telah menimbulkan keresahan dalam masyarakat,” ujar Sekretaris Komisi I DPRD Maluku Michael Tasaney kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Kamis (22/2).

Tasaney menjelaskan, balap liar saat ini telah menjadi kebiasaan buruk ditengah masyarakat yang perlu mendapatkan perhatian khusus dari aparat kepolisian dalam bentuk penindakan.

Penindakan perlu dilakukan sebagai upaya untuk memberikan kesadaran kepada generasi muda, terkait ancaman yang berorientasi terjadi, bukan saja bagi diri sendiri, tapi juga bagi masyarakat ketika terjadi kecelakaan lalu lintas.

Baca Juga: Hadiri TMMD, Walikota: Ini Bentuk Sinergi TNI dan Pemkot

“Penindakan itu upaya yang paling akhir ketika himbauan tidak lagi dipatuhi sehingga ada ketertiban dalam masyarakat, sebab kalau tidak, balap liar ini akan menjadi kebiasaan yang merusak,” ucap Tasaney.

Politisi Golkar Maluku ini juga mendukung penuh kebijakan untuk perilaku balap liar ini dimasukkan dalam Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) sebagai bentuk punishment terhadap perilaku buruk.

“Prinsipnya apapun langkah yang ditempuh dalam rangka menjaga ketertiban, maka harus didukung penuh,” tandas Tasaney.(S-20)