AMBON, Siwalimanews – Kapolsek Wertamrian Iptu Eduard Ris Keliduan melakuka tatap muka dan berdialog dengan warga Desa Arui Das, KecamatanWertamrian, Kabupaten Tanimbar, Jumat (12/5).

Kegiatan yang diramu dalam program Jumat Curhat yang dupusatkan di Balai Desa Arui Das itu, kapolsek meminta kepada semua komponen masyarakat Agar dapat membantu pihak polsek dalam menjaga kamtibmas di kecamatan tersebut.

“Permintaan saya sebagai kapolsek dan selaku bagian dari keluarga Desa Arui Das, bahwa apabila ada informasi yang sifatnya membuat ataupun memprovokasi situasi, sekiranya melaporkan dengan segera, agar kami dapat mengantisipasi dan mengambil langkah-langkah, sehingga dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi,” pinta kapolsek.

Tak hanya itu, kapolsek juga menghimbau kepada para pemuda agar tidak membuat keonaran ataupun mengkonsumsi alkohol melebihi kemampuan, sehingga terjadi tindakan yang melawan hukum, namun sebaiknya, hindari pertikaian antar pemuda maupun kelompok.

“Silahkan bagi warga yang ingin menyampaikan usul saran dan masukan terkait tugas Polri, khususnya Polsek Wertamrian jangan ragu sebab disinilah kesmepatan bapk dan ibu serta para pemuda dapat enyampaikannya,” ucap kapolsek.

Baca Juga: Besok, Menpora Buka Kongres GAMKI di Ambon

Pada kesempatan itu tokoh adat di desa tersebut Samuel Luturmase menyampaikan bahwa, masyarakat Desa Arui Das merasa menyesal dengan peristiwa yang terjadi pada bulan April kemarin, terkait masalah tapal batas desa dan berjanji untuk setiap permasalahan yang terjadi adalah sebuah pelajaran, dan apa bila ada isu yang bersifat provokasi, maka pihaknya akan segera melaporkannya ke Polsek Wertamrian.

“Kami warga masyarakat Desa Arui Das minta pak kapolsek agar kiranya mau juga menyampaikan, kepada warga Desa Lorwembun agar sama-sama menghormati semua kesepakatan sesuai surat pernyataan di tahun 2020 serta kesepakatan dan perjanjian lainnya  yang sudah sama-sama dibuat serta tidak terpancing emosi apabila ada perselisihan antara ke dua desa tersebut,” pinta Luturmase.

Menanggapi hal tersebut kapolsek menegaskan, Polsek Wertamrian akan selalu berkoordinasi dengan pihak Pemdes Lorwembun untuk menahan diri dan tidak terpancing dengan isu-isu yang sifatnya memprovokasi antara kedua belah pihak.

“Kami akan selalu membantu semua pihak untuk mengurangi adanya kesalah pahaman, bahkan menghilangkan perasaan kecurigaan antara masyarakat yang bertikai,” ucap kapolsek.(S-26)