AMBON, Siwalimanews – Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, dipastikan akan membuka kongres GAMKI yang akan berlangsung Minggu (14/5)  di Gedung Gereja Maranatha di Kota Ambon.

“Tim awal sudah tiba pagi ini, untuk siapkan kongres yang akan dibuka Minggu (14/5) di Gereja Maranatha, yang buka nantinya Menpora mewakili Presiden, didampingi staff kepresidenan Febry Tetelepta,dan pejabat lainnya,” jelas Sekum DPP GAMKI Sahat Sinurat, dalam keterangan persnya di Sekretariat DPD GAMKI Maluku, Jumat (12/5).

Sinurat menjelaskan, dalam Kongres GAMKI nanti, Pemuda Muhamadiyah dan OKP Cipayung akan turut berpartisipasi. Sementara untuk hak suara, masing-masing peserta cabang hanya memiliki 1 hak suara, termasuk DPD, sehingga hak suara dalam kongres bejumlah 250 suara.

“Cabang GAMKI ada 220, ditambah DPD di 28 provinsi, untuk peserta cabang hak suara cuma 1 jadi walaupun 2 delegasi begitupun DPD, jadi nanti akan ada sekitar 250 peserta saja yang punya hak suara dalam kongres,” ungkapnya.

Dalam kongres ini juga kata Sinarut, akan ada sejumlah topik yang dibahas dalam kongres, salah satunya terkait pembangunan di Indonesia Timur yang didalamnya termasuk Maluku. Pemateri sendiri berasal dari pemerintah pusat, yakni Wakil Mentri dan Staff Kepresidenan.

Baca Juga: Walikota Akui Perwujudan Ambon Bersih Belum Maksimal

Ditempat yang sama, Ketua Panitia Kongres XII GAMKI Lucky Wattimury menambahkan, hingga H-2 sudah ada ratusan peserta dari luar kota yang tiba di Kota Ambon untuk menggadiri Kongres yang akan dilangsungkan di Gereja Maranatha untuk pembukaan dan kemudian dilanjutkan di Kristian Center.

“Sejak pagi kita sudah jemput peserta, ada yang melalui Pelabuhan Yos Sudarso ada juga yang melalui Bandara Pattimura, ada sekitar 200 peserta yang sudah tiba di Ambon dan terus berdatangan, perkiraan kita akan ada sekitar 1000 peserta yang memenuhi kota ini,” ungkap Wattimury.

Mantan Ketua DPRD Maluku ini mengaku, Kongres GAMKI mendapat antusias dari berbagai pihak. Antusias datang dari MPH Sinode GPM yang menyediakan tempat tinggal bagi para peserta kongres dari luar Kota Ambon. Dima para peserta dari luar Ambon ini akan tinggal di rumah-rumah jemaat.

“GPM dukung penuh, jadi peserta yang dari luar Ambon akan tinggal di rumah jemaat, jadi tiap klasis akan tampung sekitar 150 peserta,” ucap Wattimury.

Selain GPM, dukungan datang dari Pemerintah Provinsi Maluku yang menyediakan transportasi berupa bus, untuk mobilisasi peserta. Sementara jamuan makan malam selama kegiatan akan ditangani, Pemkot Ambon dan Sekretariat DPRD Maluku.

Ambon dipercayakan sebagai tuan rumah Kongres GAMKI, menjadi batu loncatan untuk kegiatan nasional lainnya yang dilaksanakan di kota dengan julukan kota musik tersebut.

“Ini bisa jadi batu loncatan kegiatan nasional lain dipilih untuk diselegarakan di Ambon, dari situ banyak hal akan dipromosi termasuk Pariwisata, contoh seperti Kongres GAMKI ini dimana DPP akan mempromosikan Teluk Ambon sebagai destinasi wisata, untuk menarik minat wisatawan maupun investor.(S-10)