AMBON, Siwalimanews – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku menyiapkan formasi kuota guru kontrak sebanyak 734 orang.

Hal ini disampaikan Plt Kepala Dinas Pendidikan Maluku Insun Sangadji kepada Siwalimanews, Kamis (17/2) menjelang proses seleksi guru kontrak yang bakal dilakukan dalam waktu dekat.

Berdasarkan jadwal pelaksanaan seleksi guru kontrak yang telah ditetapkan Dinas Pendidikan kata Sangadji, maka pada tanggal 26 Februari mendatang proses seleksi akan dilakukan secara serentak dengan jumlah kuota yang mencapai 734 orang.

Penetapan jumlah kuota formasi ini, telah dilakukan berdasarkan hasil analisis kebutuhan guru yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan dengan memperhatikan kebutuhan guru pada masing-masing sekolah di Maluku sesuai dengan usulan para kepsek.

“Jumlah kuota guru kontrak kita mencapai 732 formasi dan sudah sesuai dengan analisis kebutuhan guru yang dinas lakukan,” ujar Sangadji.

Baca Juga: Polisi Didesak Lakukan Sweeping Senpi di Masyarakat

Untuk persyaratan seleksi guru kontrak sendiri menurut Sangadji, Dinas Pendidikan telah memastikan guru yang berhak mengikuti seleksi guru kontrak hanyalah mereka yang telah mengajar pada sekolah tersebut, artinya, dinas hanya membuka ruang bagi guru yang telah mengajar dan mendapatkan rekomendasi kepsek.

Hal ini bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada guru honor yang selama ini telah mengajar di sekolah selama bertahun-tahun, karena itu dinas tidak lagi mengambil orang baru untuk mengisi formasi pada sekolah, kecuali pada sekolah tersebut tidak ada guru mata pelajaran.

“Kita tidak buka ruang bagi guru baru lagi, jadi seleksi guru kontrak hanya diikuti oleh mereka yang sudah mengajar, kecuali disekolah itu tidak ada guru pelajaran, maka kita akan ambil dari luar,” tandansya.

Terkait dengan hasil seleksi, Sangadji memastikan, sejak 26 Februari Dinas Pendidikan berupaya untuk mengumumkan hasil seleksi atau paling lambat 27 Februari agar menjamin keterbukaan bagi masyarakat.

Dalam seleksi ini, Kabupaten Maluku Tengah mendapatkan kuota formasi yang cukup besar jika dibandingkan dengan kabupaten/kota lain di Maluku, sebab dari jumlah sekolah, Maluku Tengah memiliki jumlah yang cukup banyak. (S-20)